Mahasiswa Syariah Siap Jadi Penegak Hukum Profesional

Super User 12-01-2016 (05:50:32) Berita 641 times

penegakhukum2016

Kendari (Humas) – Fakultas Syariah IAIN Kendari bertekad melahirkan calon penegak hukum yang terampil dan profesional salah satunya dengan melaksanakan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kendari. Sebanyak 50 orang mahasiswa akan mengikuti PPL yang dimulai tanggal 18 Januari dan berakhir pada 2 Maret 2016.

Rektor IAIN Kendari Dr. H. Nur Alim, M.Pd saat membuka acara Pembekalan PPL Mahasiswa Syariah di Gedung Fakultas Syariah, Selasa (12/01/15) berpesan kepada peserta agar melakukan adaptasi dengan lingkungan kerja setempat serta mengedepankan etika dalam berinteraksi. “Kesuksesan tidak hanya bisa diperoleh berdasarkan kemampuan akademik, tetapi yang lebih utama bagaimana kita bisa membangun kehangatan dalam hubungan kerja, saling menghargai dan mengukir prestasi dengan mengedepankan kreatifitas dalam bekerja” kata Rektor.
Lebih lanjut ia meminta kepada mahasiswa agar melakukan tahapan PPL dengan baik mulai dari fase pengamatan, dilanjutkan fase simulasi yaitu meniru apa yang telah diamati dan berakhir pada fase evaluasi. “Dengan demikian, tujuan pelaksanaan PPL akan mencapai sasaran yaitu menyiapkan calon hakim, calon panitera dan pengadministrasi yang profesional seperti sejumlah alumni Syariah yang telah diterima bekerja di sejumlah kantor Pengadilan” tambahnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Syariah Dr. Kamaruddin MH menjelaskan beberapa hal yang akan dipelajari dalam PPL tersebut antara lain tata cara beracara, proses persidangan khususnya bagi Hakim dan Panitera. “Selain itu mereka juga perlu mengetahui bagaimana tata administrasi perkara mulai proses pendaftaran gugatan, registrasi perkara, pemanggilan dan lain-lain” ujarnya. Ia menambahkan, kegiatan tersebut bukan sekedar menjadi kegiatan formalitas untuk menyelesaikan prosedur akademik tetapi merupakan bagian dari upaya Fakultas Syariah untuk memberikan bekal pengalaman dan memperkuat keilmuan sehingga kelak menjadi tenaga profesional yang patut dibanggakan. Liv

Related Post