Mahasiswa STAIN Terima Bidik Misi

16-10-2014 (02:00:55) Berita 805 times

Bidikmisimahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dinyatakan lolos berkas untuk penerimaan beasiswa Bidik Misi. Sesuai SK yang dikeluarkan 30 September 2014, penerima beasiswa tersebut mewakili masing-masing program studi yang ada di STAIN.

Kepada KendariNews.com, Wakil Ketua III STAIN, Muh. Yahya Obaid menjelaskan, walaupun penerimaan bidik misi ini cukup bermasalah, namun saat ini sudah mencapai tahap pencairan.

“Pencairan beasiswa ini terkendala di rekening mahasiswa, karena dana tersebut diusahakan sampai ke rekening mahasiswa masing-masing. Masalahnya bank-bank yang bermitra dengan STAIN ternyata menerima untuk pembuatan rekening baru itu melalui KTP domisili, dan itu yang tidak dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Karena rata-rata berasal dari pedesaan jauh yang membawa KTP dari asalnya, bahkan ada yang tidak punya KTP. Namun, sekarang sudah selesai dan lengkap baik secara administratif dan teknis,” ungkap pimpinan di bidang kemahasiswaan di STAIN ini.

Dalam pemilihan mahasiswa tersebut kata dia, pihak STAIN cukup selektif meninjau dari ekonomi orang tua dan prestasi akademis. Karena jatah dari pemerintah untuk STAIN tidak banyak, maka yang diambil hanya mahasiswa yang merupakan rangking satu dari sekolah masing-masing.

Adapun beasiswa untuk mahasiswa BIDIK MISI yakni Rp.600 ribu per bulan selama delapan semester. Uang tersebut diperuntukkan sebagai uang saku mahasiswa. Selebihnya dikelolakan untuk UKT dan biaya kampus lainnya. Sehingga selama empat tahun, mahasiswa penerima beasiswa tersebut bebas dari pembayaran di kampus.

Related Post