Mahasiswa Prodi MPI Ikuti Progam Magang

Lily Ulfia, SE 09-10-2017 (15:49:44) Berita 565 times
Kendari, Humas - Sebanyak 60 orang mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) IAIN Kendari mengikuti program magang. Mereka ditempatkan di sejumlah unit kerja di lingkup IAIN Kendari selama dua bulan, mulai 9 Oktober 2017. Ketua Program Studi MPI, Dr. Samrin mengatakan, magang bertujuan meningkatkan kompetensi pelayanan administrasi dengan mengimplementasikan teori manajemen pendidikan yang mereka dapatkan selama mengikuti kuliah tatap muka.
 
“Tujuan utama dari program ini adalah untuk memperdalam teori yang mereka dapatkan selama kuliah dan menjadi pengalaman bagi mahasiswa kelak setelah memasuki dunia kerja. Dengan pengalaman ini mereka akan mahir dalam melaksanakan tugas-tugas administrasi dan dapat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya” katanya.
 
Untuk mempermantap persiapan pelaksanaan magang ini, Prodi MPI melaksanakan Orientasi Praktikum Manajemen Pendidikan, Sabtu (7/10/2017) di aula perpustakaan IAIN Kendari. Peserta dibekali kemampuan umum dan kemampuan teknis penyelenggaraan magang dengan harapan para peserta dapat memberikan kontribusi positif serta menginisiasi solusi atas permasalahan administrasi dan manajemen di tempat masing-masing.
 
Pada kegiatan orientasi ini, Kepala Bagian Tata Usaha FATIK, Amari, memberikan pembekalan kepada peserta magang berupa kemampuan menyusun SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai acuan kerja pada kegiatan administrasi pendidikan.
 
“Ini kami ajarkan seluruh tahapan penyusunan SOP sampai pada praktiknya, harapan kami agar saat magang mereka mampu memberikan kontribusi dengan membantu membuat atau melengkapi SOP di tempat magangnya masing-masing”, ungkap mantan Kasubbag Kepegawaian ini.
 
Peningkatan kompetensi melalui program magang merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga Kependidikan yang professional, kreatif dan memiliki inisiatif dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Ketiga hal ini menjadi standar kompetensi alumni MPI FATIK.(sms/liv)
 

Related Post