Mahasiswa Prodi Biologi Teliti Ekologi Hewan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Lily Ulfia, SE 16-11-2018 (09:24:31) Berita 172 times
Kendari, Humas - Sejumlah Mahasiswa Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melakukan penelitian lapangan terkait ekologi hewan di Taman nasional Rawa Aopa Watumohai.
 
Penelitian ini akan dilaksanakan selama dua hari, 16 – 17 November 2018. Selain pada siang hari, mahasiswa juga akan mengamati hewan nocturnal di malam hari.
 
Dosen pembimbing, Balda mengatakan, selama berada di kawasan konservasi itu, mahasiswa akan melakukan observasi interaksi hewan dengan lingkungan biotik dan abiotiknya. Hal ini juga bertujuan menguji teori yang diperoleh selama di kelas dengan mengamati fakta lapangan.

“Kita ingin menguji teori ekologi hewan di wilayah konservasi ini, apa keunikannya, karakteristik dan bagaimana fenomena ekologis di kawasan tersebut, hasilnya nanti akan menjadi rekomendasi untuk penelitian berikutnya,”papar Balda.
 
Selain itu, kata Balda, mahasiswa juga akan mengamati distribusi populasi biota di hutan pendidikan yang disediakan pihak pengelola Balai Taman Nasional sebagai pusat penelitian ekologi.
 
“Hasil dari kegiatan ini akan dibuat dalam bentuk laporan riset sebagai bagian dari pembelajaran. Harapan kami ini bisa mengasah kemampuan mereka dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang,” pungkasnya.
 
Observasi lapangan menjadi bagian dari metode pembelajaran yang diterapkan pada Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Observasi bertujuan memperkenalkan secara langsung penerapan teori serta meningkatkan kompetensi penalaralan bagi mahasiswa. (liv)
 

Related Post