Mahasiswa IAIN Kendari Lolos Program Pertukaran ke Negeri Paman Sam

Lily Ulfia, SE 23-07-2019 (10:17:13) Berita 1926 times
Kendari, Humas – Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, Laode Musaldin dinyatakan lolos seleksi Global Undergraduate Exchange Program tahun 2019. Dia berhak menempuh studi selama dua semester di University of Central Missouri di negara bagian Missouri Amerika Serikatmulai Agustus mendatang.

Global Undergraduate merupakan beasiswa pertukaran prestisius yang ditawarkan oleh American Indonesian Exchange Foundation – Aminef,  sebuah organisasi nirlaba yang memiliki fokus dalam memberikan peluang bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menempuh studi di Amerika Serikat. Program ini disponsori oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Serikat.

Direktur International Office IAIN Kendari Abdul Halim, M. TESOL menjelaskan, Musaldin telah melalui beberapa tahapan seleksi antara lain seleksi berkas, interview dan lolos TOEFL Internet Based Test.

“Selama menjalani test tersebut, kami melakukan pembinaan secara intensif mulai dari pengembangan kemampuan bahasa inggris, public speaking, wawasan nasional, wawasan internasional dan pemahaman lintas budaya. Hal ini menjadi bagian penting dalam program pertukaran karena kunci keberhasilan komunikasi adalah saat kita mampu memahami dan menerima orang lain yang memiliki budaya berbeda”, paparnya saat ditemui di kantornya Selasa (23/7/19). 

Musaldin mengikuti program ini berdasarkan informasi yang tersedia pada website Resmi Aminef.  Ia telah memenuhi kriteria peserta Global Undergraduate Exchange Program antara lain warga negara Indonesia, mahasiswa program sarjana dan telah menyelesaikan studi minimal 1 semester, memiliki potensi kepemimpinan, mampu menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Menurut Halim yang juga menjabat sebagai program studi TBI ini, saat ini Musaldin tengah mempersiapkan dokumen keberangkatannya antara lain dokumen lolos uji kesehatan dan pengajuan visa pelajar di Kedutaan besar Amerika Serikat (liv)

 

Related Post