Ma'had Al Jami'ah IAIN Kendari Gelar Safari Majelis Subuh Berkah

Novi Rahmilia 09-09-2023 (09:12:22) Berita 311 times
Kendari, Humas - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari menggelar kegiatan Safari Majelis Subuh Berkah yang dilaksanakan di Masjid Dakwah Wanita, Kelurahan Kandai, Kota Kendari, Sabtu (9/9/2023).
 
Acara ini dihadiri oleh Walikota Kendari Asmawa Tosepu, AP., M.Si, Rektor IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag, Kepala Biro AUAK Dr. Moh. Junaidin, MA, Pimpinan UPT Ma’had Al Jami’ah, Dosen dan Pegawai, Pengajar dan Mahasantri Ma’had Al Jami’ah, serta masyarakat umum.
 
Kegiatan dimulai sekitar pukul 04.30 WITA. Seluruh jama’ah melaksanakan sholat subuh dengan khusyuk yang dilanjutkan dengan berdzikir, melantunkan sholawat burdah, mendengarkan ceramah agama, mendengarkan sambutan, serta menyaksikan penampilan dari grup hadrah mahasantri Ma’had Al Jami’ah.
 
Rektor IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa safari majelis subuh berkah dilaksanakan sebagai salah satu program syiar dan dakwah IAIN Kendari bagi masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari.
 
“Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap sabtu subuh. Hari ini di Masjid Dakwah Wanita, selanjutnya kita akan berkunjung ke masjid lainnya. Kami berharap safari majelis subuh berkah dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk menunaikan sholat subuh berjama’ah di masjid,” tuturnya.
 
Husain melanjutkan, selain menjadi program kampus kegiatan ini juga sebagai kontribusi IAIN Kendari untuk memperkuat program pemerintah kota kendari yang berupaya meningkatkan iman dan takwa masyarakat dalam mewujudkan Kota Kendari Bertakwa.
 
Sementara itu,  Walikota Kendari Asmawa Tosepu, AP., M.Si memberi apresiasi terhadap peran IAIN Kendari dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.
 
“Kami dari pemerintah kota mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih atas inisiasi dan ikhtiar bersama. Program seperti inilah yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan iman dan takwa masyarakat khususnya bagi kita umat muslim,” ucapnya.
 
Lebih lanjut Asmawa mengatakan bahwa pemerintah kota mendukung pelaksanaan program ini. Ia berpesan agar kegiatan ini dilaksanakan pada masjid di kecamatan yang berbeda-beda setiap pekannya agar keimanan dan ketakwaan masyarakat meningkat, serta sebagai ajang silaturahmi antara IAIN Kendari, pemerintah, dan masyarakat kota Kendari.
 
Majelis subuh berkah ditutup dengan penampilan hadrah mahasantri Ma’had Al Jami’ah yang penuh semangat menghidupkan suasana subuh menjelang pagi melalui lantunan syair dan nasyid yang indah.


Penulis : Novi Rahmilia
Fotografer : Andi Arif Walhidayat
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Novi Rahmilia 09-09-2023 (03:24:46)
  • Novi Rahmilia 09-09-2023 (03:25:10)