Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari Bekali Mahasantri Kemampuan Mengurus Jenazah

Lily Ulfia, SE 17-11-2018 (22:10:47) Berita 152 times
Kendari, Humas -  Ma’had Al jami’ah IAIN Kendari membekali mahasantri kemampuan teknis mengurus   jenazah, Sabtu (17/11/18). Kegiatan yang berlangsung di aula perpustakaan ini diikuti oleh 60 mahasantri.

Ketua Panitia, Syamsuddin mengatakan, pembekalan pengetahuan dan kemampuan menyelenggarakan jenazah ini mulai dari pendampingan saat menghadapi sakratul maut sampai penguburan jenazah.

“Kami melaksanakan kegiatan berangkat dari keprihatanan atas kondisi masyarakat yang kesulitan mencari penyelenggara jenazah saat menghadapi musibah kematian,” ungkapnya.

Di sisi lain IAIN Kendari sebagai institusi perguruan tinggi Islam memiliki tanggung jawab menyiapkan mahasiswa yang mampu berperan aktif dalam kegiatan sosial keagaamaan termasuk dalam hal penyelenggaraan jenazah.

“Kami berharap agar mahasiswa yg telah dilatih mampu menyelesaikan permasalahan tersebut minimal di lingkungan keluarga masing-masing," tambah Syamsuddin.

Ni’matuzzuhra selaku pengasuh mahasantri juga menuturkan bahwa sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini berupa pembuatan video tutorial dan penyusunan buku pedoman penyelenggaraan jenazah.

“Ini dimaksudkan agar kemampuan mahasantri semakin terasah dan dapat berbagi pengetahuan dengan mahasiswa dan masyarakat yang belum memahami tata cara penyelenggaraan jenazah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh menitipkan pesan kepada IAIN Kendari agar mengambil peran-peran penting dalam kegiatan sosial keagamaan. Selain melaksanakan kegiatan dakwah, mahasiswa dan alumni IAIN Kendari perlu terlibat dalam kegiatan sosial lainnya termasuk penyelenggaraan jenazah. Hal itu diungkapkan politisi ini saat menghadiri Focused Group Discussion Pengembangan IAIN Kendari beberapa waktu lalu. (sms/liv)  
 
 

Related Post