LPM IAIN Kendari Targetkan Enam Prodi Terakreditasi A Mulai Tahun 2020

Lily Ulfia, SE 08-07-2019 (13:23:45) Berita 589 times

Kendari, Humas IAIN Kendari – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kendari menargetkan enam program studi akan meraih predikat akreditasi A mulai tahun 2020.

Enam Program Studi dimaksud antara lain Prodi Tadris Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,  Prodi Ahwalu Syaksiyah pada Fakultas Syari’ah, Prodi Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan Prodi Pendidikan Agama Islam pada Program Pascasarjana.

Ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, MA mengatakan penetapan target enam prodi ini berdasarkan perolehan poin akreditasi terakhir dan potensi isian borang sesuai standar akreditasi 4.0.

Mantan Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM IAIN Kendari ini menjelaskan, pihaknya telah menyusun langkah-langkah sistematis untuk mencapai target tersebut diawali dengan melakukan sosialisasi pengisian borang akreditasi sesuai dengan 9 Kriteria Akreditasi.

“Melalui sosialisasi dan pendampingan tersebut kami harapkan dapat menjadi acuan bagi penyusun borang akreditasi prodi dalam proses penyusunan borang, sehingga hasilnya mencapai predikat unggul”, jelasnya.

Langkah berikutnya untuk memenuhi target akreditasi A, LPM sedang melakukan audit mutu internal bidang akademik di Fakultas dan Pascasarjana berdasarkan Standar Penjaminan Mutu Internal atau SPMI.

SPMI merupakan standar internal berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Khusus yang dibuat oleh perguruan tinggi sesuai distingsinya masing-masing.

Tim LPM yang melaksanakan audit terdiri dari empat tim yang terbagi pada empat fakultas dan program pascasarjana dengan jumlah auditor sebanyak 33 orang. Audit mutu internal dilaksanakan selama enam hari, 8-13 Juli 2019.

“Audit ini bertujuan memastikan bahwa proses dan kegiatan akademik telah memenuhi standar mutu yang efektif dalam rangka menyongsong penyusunan borang akreditasi dengan 9 kriteria”, tutupnya. (liv)
 
 

Related Post