LP2M IAIN Kendari Gelar Training Of Trainer Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence

Novi Rahmilia 20-11-2023 (14:44:02) Berita 1022 times
Kendari, Humas - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan training Of Trainer Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Aula Fakultas Syariah, Senin (20/11/2023). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian, Dr. Fahmi Gunawan, S.S., M.Hum serta pemateri yang merupakan Dosen di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Dr. Risang Baskara, M.Hum., Ph.D.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor I menyampaikan, kegiatan akademis ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta pengembangan lembaga IAIN Kendari. Rektor juga telah berkomitmen akan memberikan reward pada artikel dosen yang terbit sebagai bentuk apresiasi. 

"Saya harap kita terus mengembangkan potensi kita semua dalam penulisan karya ilmiah agar kita bisa terus memberikan kontribusi untuk pengembangan institusi IAIN Kendari," katanya. 

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian, Dr. Fahmi Gunawan, S.S., M.Hum menyampaikan sasaran kegiatan ini adalah dosen muda untuk menghasilkan lebih banyak karya ilmiah dengan memanfaatkan AI. 

"Dengan memanfaatkan teknologi AI tentunya akan mempermudah kita menulis artikel atau jurnal nasional maupun internasional. Apalagi dosen dituntut untuk menulis sebuah karya ilmiah di jurnal karena itu berhubungan dengan kepangkatan fungsional dosen," tuturnya. 

"Harapannya juga adalah dosen muda mampu menshare pengetahuan menulis dengan memanfaatkan AI yang telah didapatkan kepada dosen lainnya," pungkasnya. 


Penulis : Ibnu Sina Ali Hakim
Editor : Lily Ulfia
Fotografer : Ahmad Bowo Saputro