Lomba Masak Bapak-bapak, meriahkan Halal Bi Halal IAIN Kendari

Super User 19-07-2016 (08:48:52) Berita 826 times
Usai bulan Ramadhan, sudah menjadi hal lumrah bagi instansi pemerintah maupun swasta melaksanakan acara Halal Bi Halal dalam rangka saling memohon maaf atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Baik sengaja maupun tidak sengaja, terutama selama berinteraksi di lingkungan kantor. IAIN Kendari memilih menyelenggarakan kegiatan ini pada pekan kedua setelah libur Idul Fitri karena menunggu dosen dan karyawan yang mengambil cuti untuk berlebaran di daerah asal masing-masing. 

Bertempat di auditorium IAIN Kendari, Selasa (19/07) halal bi halal ini dilaksanakan dengan suasana yang berbeda. Sejak pagi, terlihat bapak-bapak yang sebagian besar merupakan pejabat IAIN Kendari  lalu lalang menyiapkan peralatan masak berupa kompor, wajan, sendok, piring dan lain lain. Mereka akan mengikuti lomba memasak nasi goreng dan mie goreng mewakili Fakultas, Lembaga dan Unit kerja masing-masing. Kepala Biro AUAK, Drs. Khaeroni, M.Si yang menginisasi acara ini menjelaskan, mengisi halal bi halal dengan ceramah merupakan hal yang biasa terlebih lagi sebagian besar civitas akademika IAIN Kendari merupakan muballigh. “Untuk mencari suasana yang berbeda dalam kegiatan halal bi halal kami berinisiatif membuat kegiatan lomba memasak yang pesertanya khusus Bapak-bapak, insya Allah keakraban dan kebersamaannya bisa semakin terasa dan tentunya lebih meriah” katanya dalam laporan yang disampaikan saat mengawali kegiatan tersebut. 

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari Dr. Nur Alim, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada civitas akademika apabila selama melaksanakan tugas-tugas manajerial masih terdapat kekurangan. “Kami terus berupaya mewakafkan diri baik tenaga, pikiran, kemampuan materiil dan non materiil untuk perbaikan lembaga, namun kami sadar sepenuhnya masih terdapat berbagai kekurangan untuk itu atas nama pimpinan dengan kerendahan hati kami menyampaikan permohonan maaf” ungkapnya. 

Ia menambahkan, dengan pelaksanaan halal bi halal yang berbeda dari biasanya diharapkan dapat membangun rasa kebersamaan diantara civitas akademika IAIN Kendari, membiasakan kerjasama yang solid dan terbawa saat melakukan aktifitas pelayanan publik pada lembaga Pendidikan Islam Negeri ini. 

Kegiatan lomba masak diikuti oleh 10 tim, dimana setiap tim terdiri dari tiga orang. Jajaran pimpinan yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut antara lain Wakil Rektor I, II dan III, Dekan Fakultas Syariah, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Direktur Pascasarjana, Kepala LP2M dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu. Suasana lomba riuh rendah dengan suara pendukung yang menyemangati para peserta. Bertindak sebagai tim juri adalah Rektor IAIN Kendari, Kepala Biro AUAK IAIN Kendari, dan Dosen Senior Dr. Hj. Nurseha Gazali. Setelah melalui penilaian yang cukup ketat, tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam keluar sebagai Juara I, disusul Tim Rektorat dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Sedangkan Fakultas Syariah terpilih sebagai Juara Favorit dan terunik karena mengenakan kostum ala melayu lengkap dengan peci dan sarung. Usai pengumuman lomba, kegiatan tersebut ditutup dengan bersalam-salaman sebagai ciri khas dari halal bi halal. 

Related Post