Launching PAUD Mataiwoi, Kerja Nyata Peserta KKN Tahun 2017

Super User 12-09-2017 (18:23:26) Berita 323 times
Tahun 2017, IAIN Kendari dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) melaksanakan KKN Tematik di Kabupaten Kolaka Timur. Tema yang diangkat adalah peningkatan kualitas Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kedua tema ini dianggap paling tepat untuk diterapkan di lokasi KKN yang pada umumnya belum memiliki fasilitas pendidikan Al Qur'an dan Anak Usia Dini. 

Setelah melaksanakan KKN kurang lebih selama 45 hari di Kabupaten Kolaka Timur, hari ini, Rabu (13/9/17) mereka harus kembali ke kampus untuk menyelesaikan masa kuliah yang tidak lama lagi akan berakhir. Hasilnya, mahasiswa bersama dosen pembimbing Dr. Sitti Nurfaidah telah menginisiasi pendirian PAUD Mataiwoi yang terletak di desa Karemotingge Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur. Hal yang sama juga dilakukan di beberapa posko KKN lainnya. Inisiatif ini didorong oleh semangat pengabdian yang tinggi agar program KKN menorehkan manfaat bagi masyarakat.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim hadir langsung di desa itu untuk melaunching Lembaga Pendidikan Anak Usia dini di desa yang subur nan hijau itu. "Pendirian PAUD ini merupakan dedikasi dari mahasiswa kami untuk pendidikan di daerah ini. Pendidikan adalah pilar kemajuan suatu daerah dan PAUD adalah lembaga pendidikan dimasa golden age (usia emas) anak-anak yang sangat menentukan untuk kesuksesan mereka di jenjang selanjutnya. Disini anak-anak kita akan difasilitasi dan mendapat bimbingan kemampuan dasar motorik, cara bersosialisasi dan membangun karakter anak di usia dini" jelas Rektor. 

Rektor juga mengatakan, Sumber Daya Alam yang besar akan mampu dioptimalkan pemanfaatannya apabila didukung dengan pendidikan yang baik bagi warga. Untuk itulah, aparat setempat berserta masyarakat sepatutnya meneruskan apa yang sudah diinisasi oleh mahasiswa agar manfaatnya terus berlangsung hingga masa yang akan datang. "Pendidikan adalah pilar penentu kemajuan suatu daerah, dan IAIN Kendari hadir untuk mewujudkan pendidikan yang layak bagi masyarakat" ungkap Rektor.

Selain melaunching, Rektor juga menyerahkan bantuan Alat Permainan Edukatif bersama kepala LP2M, Muh. Alifuddin dan pihak BKKBN yang ikut menyerahkan bantuan.

Kepala Desa Kare Motingge, Ashar Moita mengapresiasi komitmen dan semangat para peserta KKN yang telah mengabdi di desanya. "Ucapan terima kasih sedalam-dalamnya kepada haturkan untuk IAIN kendari. Selama ini kami belum memiliki lembaga pendidikan untuk anak-anak usia dini, makanya ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari warga desa. kami akan menjaga ini dengan baik" tutup Ashar.

KKN tematik diikuti oleh 385 orang mahasiswa yang menempati 58 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Kolaka Timur. Selain inisiasi pembentukan PAUD, mahasiswa juga melakukan pembinaan keagamaan, baca tulis Alqur'an dan menghidupkan kegiatan pengajian di masjid-masjid. Ini sejalan dengan program pemerintah setempat yaitu membangun kehidupan bermasyarakat diatas landasan nilai-nilai religi. (liv)

Related Post