Lagi, Mahasiswa IAIN Kendari Ikut Konferensi Internasional

Lily Ulfia, SE 20-07-2018 (13:02:38) Berita 605 times
Kendari, Humas – IAIN Kendari terus mendorong kemampuan akademik melalui keikutsertaan mahasiswa pada berbagai event akademik baik di tingkat nasional maupun internasional. Belum lama ini, tiga orang mahasiswa program studi Tadris Bahasa Inggirs berpartisipasi dalam Konferensi Internasional Teachers of English as Foreign Language in Indonesia (TEFLIN) ke 65 di Makassar, 12-14 Juli 2018.
 
Konferensi ini merupakan event tahunan yang mempertemukan para pakar bidang linguistik, linguistik terapan dan pendidikan pengajaran bahasa Inggris dalam dan luar negeri.
 
Ketiga mahasiswa tersebut adalah :
  1. Waode Zulhidjah Awalyah
  2. Muthiah Hidayatun
  3. Masyita Nurfadillah
 
Ketiga mahasiswa tingkat dua pada fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan ini telah melakukan penelitian berdasarkan pengalaman belajar saat menjalani proses perkuliahan dibawah bimbingan dosen mereka.  Pada konferensi tersebut, ketiganya mempresentasikan hasil penelitian dengan judul “Students’ reflection on L2 awareness in EFL Instructional Context.
 
Dosen Tadris Bahasa Inggris, Dr. Nurfaidah mengatakan, presentasi ketiga mahasiswa itu mendapat apresiasi dari peserta lainnya. Selain karena skill komunikasi, mereka bertiga merupakan satu-satunya kelompok peserta dari jenjang strata satu.
 
“Mereka memiliki self confidence yang baik, skill komunikasi yang mumpuni serta materi yang menarik  sehingga mendapat apresiasi dari peserta lainnya yang umumnya merupakan dosen maupun mahasiswa pascasarjana” ungkap Nurfaidah yang juga menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.
 
Menurutnya, skill presentasi tersebut diperoleh mahasiswa selama mengikuti proses kuliah, sebab pengelola prodi Bahasa Inggris telah mempersyaratkan mahasiswanya untuk mengikuti bimbingan public speaking dan presentasi.
 
Nurfaidah berharap, mahasiswa lainnya dapat meningkatkan kemampuan akademik melalui kegiatan academic writing serta aktif mengikuti berbagai konferensi dan pertemuan lainnya sebagai upaya memperoleh pengalaman serta membangun networking di masa yang akan datang.
 
Sebelumnya, IAIN Kendari juga telah mengikutsertakan dua orang mahasiswa pada konferensi internasional yang diselenggarakan di Ambon beberapa waktu lalu. Selain untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa, keikutsertaan pada event internasional juga akan berdampak positif terhadap nilai akreditasi program studi pada IAIN Kendari. (liv)
 
 

Related Post