Lagi, IAIN Kendari Buka Empat Prodi Baru

Super User 20-05-2015 (03:55:52) Berita 579 times

program studibaru 2015Kendari (Humas) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kembali memperoleh perluasan mandat akademik dengan membuka empat program studi baru. Ke empat prodi tersebut yakni Tadris Biologi, Tadris Fisika dan Tadris Matematika pada fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta Prodi Sejarah Kebudayaan Islam pada fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Pembukaan prodi baru diterbitkan melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 2883 tanggal 19 Mei 2015 .

Sebelumnya, IAIN Kendari juga telah diberikan mandat membuka prodi Hukum Tata Negara, Tadris Ipa, Tadris Bahasa Inggris dan Bimbingan Masyarakat. Pembukaan prodi baru ini tidak terlepas dari perubahan status STAIN Kendari menjadi IAIN pada Oktober 2014 silam.

Rektor IAIN Kendari Dr. H. Nur Alim, M.Pd mengatakan, pembukaan prodi pada bidang ilmu sains dan humaniora sebagai respon terhadap perkembangan dinamika Ilmu Pengetahun dan Teknologi , serta kebutuhan masyarakat Sulawesi Tenggara terhadap SDM dari bidang tersebut yang cukup tinggi.

“Kami berupaya mengakomodir apa yang dibutuhkan masyarakat termasuk terhadap SDM di bidang sains dan humaniora, dengan demikian eksistensi IAIN kendari semakin diakui di tengah masyarakat” jelas Rektor yang tengah mengikuti Rakernas Kementerian Agama di Jakarta.

Pembukaan program studi baru semakin membuka peluang meningkatnya animo calon mahasiswa baru terhadap lembaga yang baru bertransformasi ini. Selain itu juga akan menambah alternatif pilihan bagi calon mahasiswa baru yang berminat melanjutkan pendidikan pada IAIN Kendari.

Sementara itu, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, penambahan amanah akademik ini merupakan harapan seluruh bersama civitas akademika IAIN Kendari dalam rangka meningkatkan minat masyarakat pada penerimaan maba tahun akademik 2015/2016.

“Kami telah mempersiapkan diri untuk terus meningkatkan daya saing kami salah satunya adalah membuka prodi-prodi baru ini, sarana dan prasarana kami siapkan. Insya Allah tahun depan kami akan memiliki laboratorium MIPA yang lengkap” katanya.

Ia juga menjelaskan, prodi berbasis sains dan humaniora pada IAIN Kendari memiliki keunggulan dibandingkan perguruan tinggi umum sebab pada semester awal mahasiswa akan dibekali dengan pendidikan berbasis agama dalam rangka memperkuat pondasi keimanan dan moral mahasiswa. Mereka juga dibekali dengan kemampuan bahasa baik Indonesia , Arab maupun Inggris.

Untuk mengakomodir minat calon mahasiswa terhadap prodi yang baru dibuka ini, IAIN Kendari menambah kuota penerimaan pada ujian masuk sebanyak 160 orang sehingga total kuota saat ini sebanyak 746 orang. Bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi di IAIN Kendari dapat mendaftarkan diri secara online pada laman http://um-ptkin.ac.id yang dibuka sampai 13 juni mendatang dengan biaya pendaftaran sebesar Rp.100 ribu. Pembayaran dapat dilakukan melalui Mandiri ATM, Mandiri Internet atau setoran tunai di seluruh kantor cabang bank mandiri.

Related Post