Kuota Terpenuhi, IAIN Kendari Tutup Pendaftaran 5 Prodi

Lily Ulfia, SE 28-05-2018 (10:39:41) Berita 1589 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri Kendari memutuskan menutup pendaftaran mahasiswa baru untuk lima program studi pada jalur mandiri yang telah dimulai sejak 23 Mei 2018.  Lima program studi dimaksud antara lain Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Tadris Matematika, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Inggris.

Ketua Panitia Penerimaan Maba IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, keputusan ini diambil setelah terpenuhinya kuota prodi dimaksud pada jalur SPAN dan UM – PTKIN.

“Kuota prodi tersebut sudah terpenuhi pada jalur SPAN PTKIN,  ditambah lagi masih masih ada UM PTKIN. Jadi kami tutup, yang kami buka hanya prodi yang kuotanya masih tersisa”, tambahnya.

Dengan ditutupnya pendaftaran untuk lima prodi itu, tersisa 14 prodi lagi yang masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur mandiri. Prodi dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Manajemen Pendidikan Islam
  2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah
  3. Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  4. Pendidikan Bahasa Arab
  5. Tadris Biologi
  6. Tadris IPA
  7. Tadris Fisika
  8. Hukum Keluarga Islam
  9. Hukum Ekonomi Syariah
  10. Hukum Tata Negara
  11. Komunikasi dan Penyiaran Islam
  12. Bimbingan Penyuluhan Islam
  13. Manajemen Dakwah
  14. Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Pendaftaran jalur Mandiri diperuntukkan bagi alumni MA/SMA sederajat tahun 2018 , 2017, 2016 dan seterusnya. Pendaftaran dikenakan biaya sebesar Rp.250 ribu rupiah yang dibuka sampai tanggal 17 Juli mendatang. Sedangkan pelaksanaan tes dijadwalkan pada 19 Juli, beberapa hari setelah pengumuman kelulusan UM PTKIN.

Bagi yang berminat melakukan pendaftaran pada jalur mandiri dapat mendaftar melalui website resmi  sistem informasi akademik IAIN Kendari https://sia.iainkendari.ac.id.

Selain program sarjana, IAIN Kendari juga membuka pendaftaran program pascasarjana hingga 5 Juli mendatang. Program pascasarjana menyediakan empat pilihan program studi yaitu :
  1. Manajemen Pendidikan Islam
  2. Pendidikan Islam
  3. Hukum Islam
  4. Ekonomi Syariah
 
Secara umum, pendaftaran mahasiswa baru IAIN Kendari tahun ini mengalami peningkatan dengan jumlah pendaftar tertinggi berasal dari alumni Sekolah Menengah Atas. Tingginya minat calon mahasiswa baru tersebut diperkirakan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya peningkatan kapasitas intelektualitas yang diikuti dengan pendidikan moral dan spiritualitas. Hal inilah yang menjadi distingsi dan fokus keilmuan pada lembaga pendidikan tinggi Islam termasuk IAIN Kendari.
 
Terkait tingginya peminat, IAIN Kendari masih melakukan upaya peningkatan mutu layanan baik secara kualitas maupun kuantitas. Peningkatan mutu SDM dan penambahan fasilitas perkuliahan menjadi fokus IAIN Kendari selama tahun 2018 ini. (liv)
 
 
 
 

Related Post