Kementerian PUPR Laksanakan Groundbreaking Pembangunan Rusunawa IAIN Kendari

Novi Rahmilia 03-09-2022 (18:54:45) Berita 207 times
Kendari, Humas - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan Groundbreaking atau Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun IAIN Kendari di Konawe Selatan, Sabtu (3/9/2022). Groundbreaking ini dihadiri oleh Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan Bae yang merupakan wakil rakyat dapil Sultra yang mengusulkan pembangunan fasilitas tersebut.

Ketua Komisi V DPR RI saat menyampaikan sambutan dan arahan meminta kepada seluruh pihak yang berperan dalam proses pembangunan agar bekerja dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal.

“Pertama, saya ingatkan kepada kontraktor untuk bekerja maksimal sesuai spesifikasi dan ketentuan yang telah ditetapkan sehingga hasil akhir pembangunan gedung ini sebagaimana yang kita harapkan dapat dimanfaatkan dengan baik, jangan baru sepuluh tahun dipake sudah keropos. Kedua, saya minta dari balai perumahan karena tidak semuanya orang teknik, tolong dijaga ketat pengawasannya sehingga betul-betul memiliki mutu yang baik dan dapat dimanfaatkan dengan baik termasuk kelengkapan meubelair didalamnya,” kata Ir. Ridwan Bae.

Lebih lanjut, Ridwan meminta kepada pihak IAIN Kendari agar segera memilih dan menetapkan nama-nama mahasiswa yang nantinya akan menempati Rusun tersebut.

“Seiring dengan proses pembangunan, putuskan dengan tepat sasaran siapa saja yang berhak sebab gedung ditargetkan akan rampung sekitar 8 bulan pengerjaan. Hal itu agar Rusun dapat segera dihuni jika pembangunan telah selesai,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari Prof. Dr, Faizah Binti Awad, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan penting dalam proses hingga terwujudnya pembangunan Rusunawa.

“IAIN Kendari telah lama mengharapkan adanya Rusun ini sebab asrama yang telah dimiliki hanya mampu menampung sedikit, hanya mahasiswa dengan prestasi tertinggi yang berhak tinggal. Hadirnya Rusun ini akan sangat membantu sivitas akademika IAIN Kendari khususnya mahasiswa dan kami akan memanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan harapan bersama,” paparnya.

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara, Pither Pakabu, ST, MT dalam laporannya menyampaikan alokasi anggaran gedung tiga lantai ini mencapai Rp 13 miliar yang melekat pada DIPA Kementerian PUPR dengan skema multi years contract tahun 2022 dan 2023.

“Rusun akan dibangun 3 lantai dengan jumlah 43 ruangan yang dapat dihuni oleh 172 orang. Fasilitas yang dimiliki terdiri dari drainase, jalan paving block, taman serta meubelair berupa single bed, tempat tidur susun, lemari pakaian dan meja kerja,” jelasnya.

Pither berharap semoga pembangunan Rusun dapat berlangsung tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya dan tepat sasaran sehingga menjadi hunian yang representative untuk menciptakan sumber daya manusia yg handal khususnya di IAIN kendari.

Acara Peletakan Batu Pertama dihadiri oleh Bupati Konawe Selatan yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Sahlul, SE, M.Si, Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, Forkopimda Kabupaten Konawe Selatan, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III Iskandar Ismail, ST, SE, MM, MSP, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari, Para Pejabat lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Konsel, Para Pejabat dan Staf Kemen PUPR Sultra serta  Sivitas Akademika IAIN Kendari.
 

 

Foto Publikasi

  • Novi Rahmilia 04-09-2022 (13:18:15)
  • Novi Rahmilia 04-09-2022 (13:18:57)