Kemenag: Pelaksanaan SPAN-PTKIN gratis

13-02-2015 (04:14:22) Berita 578 times

Nur Syam SekjenKendari (Humas)- Sekjen Kemenag Nur Syam pada acara launching SPAN dan Ujian Masuk PTKIN di Gedung Kementerian Agama Jalan Thamrin, Jakarta, menyampaikan bahwa pada pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional diikuti seluruh PTKIN. Pelaksanaannya harus memenuhi prinsip adil, transparan dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN di Jakarta, Selasa.

SPAN-PTKIN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena Kementerian Agama (Kemenag) tidak akan memungut biaya Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), termasuk di dalamnya biaya pendaftaran dibebaskan alias gratis, kata Sekjen Nur Syam di Jakarta, Selasa.


Ia pun menegaskan bahwa mahasiswa tak mampu akan dibebaskan dari biaya kuliah. Artinya, bagi mereka yang tak mampu secara ekonomi akan dibebaskan dari segala biaya. Diperkirakan sekitar 20 persen mahasiwa tak mampu akan ditampung di sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.


PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala sekolah/Madrasah/ Pesantren Muadalah, katanya. Hadir dalam acara tersebut Dirjen Pendidikan Agama Islam Kamaruddin Amin, para pejabat eselon I, sejumlah rektor dan pimpinan PTKIN se-Indonesia.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukan prestasinya, menurut dia, layak mendapat kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN. Kemenag akan terus meningkatkan kualitas siswa yang ke depan tantangannya makin tinggi.

Related Post