KEMAMPUAN INTERPERSONAL PEMIMPIN HARUS DIGODOK

30-08-2013 (10:43:59) Berita 801 times

Kemampuan interpesonal (antar Pribadi) seorang pemimpin, harus digodok. Diantaranya kejujuran, respek kepada orang lain, kemampuan kerjasama dan juga tanggung jawab. Semua hal ini menjadi fondasi terbentuknya sosok pemimpin yang memiliki integritas.

Hal ini penting, dalam kaitan interaksi dan hubungan dengan orang-orang yang dipimpinnya. "seorang pemimpin harus memiliki kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif ini erat kaitannya dengan cara mengasah pengetahuan yang dimilikinya serta cara menerapkan metode-metode dan strategi-strategi yang dimilikinya. Kemampuan kognitif ini akan menjadi tolok ukur seorang pemimpin untuk melihat tingkat kecerdasan yang selayaknya dimiliki," jelas salah seorang Lecturer Departemen Universitas Paramadina  yang bekerjsama dengan STAIN Kendari, dalam acara Training Pendidikan Integritas yang berlangsung di Gedung Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Rabu 28 Agustus 2013.

Selain itu kesejahteraan prikologis juga menentukan bentuk kepemimpinan seperti apa yang akan terjadi. Kesejahteraan prikologis kemampuan sosok pemimpin yang memiliki kedamaian dan kenyamanan diri. Hal ini penting, karena jiwa yang sehat dari pemimpin akan dapat mempengaruhi lingkungannya.

Related Post