Kado HAB ke-75, Prodi PAI IAIN Kendari Raih Akreditasi A

Lily Ulfia, SE 05-01-2021 (21:56:05) Berita 253 times

Kendari, Humas – Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan meraih akreditasi A bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bhakti ke 75 Kementerian Agama RI, 5 Januari 2021. PAI menjadi prodi pertama yang berhasil meraih predikat akreditasi sangat baik di lingkup IAIN Kendari.

Dekan FTIK, Dr. Masdin, M.Pd mengungkap bahwa hasil yang diraih merupakan kerja keras semua pihak internal FTIK, institusi dan seluruh sivitas akadekamika IAIN Kendari. Persiapan akreditasi dilakukan secara matang mulai dari proses penyusunan borang sampai asesmen lapangan. 

“Pencapaian mutu akreditasi ini menjadi concern kita semua karena menjadi parameter penilaian publik terhadap kinerja lembaga. Alhamdulillah berkat support dari semua pihak terutama pimpinan, dosen, pegawai, mahasiswa, alumni dan mitra kerja Prodi PAI berhasil mendapat predikat akreditasi A,” jelas Masdin.

Asesmen lapangan Prodi PAI dilakukan secara daring pada 22-23 Desember 2020 dengan metode daring. Metode ini merupakan kebijakan BAN–PT untuk menghindari penularan covid-19. Pada kesempatan itu, BAN-PT menugaskan Dr. Karwadi, M.Ag dan Dr. H. Abdul Rohman, M.Ag sebagai asesor untuk melakukan verifikasi dan validasi data berdasarkan borang yang dikirimkan sejak 2018 silam.

Selama asesmen secara daring berlangsung, Rektor, Wakil Rektor I, jajaran pimpinan FTIK, tim akreditasi, mahasiswa, alumni dan mitra kerja ikut mengambil peran dalam memberikan keterangan terkait data borang yang diajukan. Menurut Masdin,  kesolidan ini menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan prodi PAI meraih predikat terbaik.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad M,Pd memberikan apresiasi kepada pimpinan, dan tim akreditasi FTIK yang telah bekerja keras mempersiapkan borang dan kegiatan asesmen lapangan. Peningkatan akreditasi tersebut akan mempengaruhi berbagai aspek Sivitas Akademika IAIN Kendari merasakan kebahagiaan usai Program Studi Pendidikan Agama Islam meraih predikat akreditasi bertepatan.

“Ini merupakan keberhasilan kita semua, kita telah membuktikan bahwa akreditasi A bukanlah hal sulit selama kita bekerja keras dan fokus pada pencapaian mutu. Segala jerih payah dan usaha yang telah dilakukan tidak sia-sia. Kami ucapkan selamat kepada prodi PAI dan berharap semoga ini bisa menjadi pemacu semangat bagi prodi lain untuk meraih hasil yang sama,” ungkap rektor.

Perolehan predikat akreditasi juga tidak terlepas dari peran Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kendari dalam melakukan kegiatan quality control. LPM telah menerbitkan 30 panduan mutu sebagai acuan dalam menjalanlan sistem penjaminan mutu internal atau SPMI di lingkup IAIN Kendari.

Selain itu LPM juga melakukan audit internal secara berkala untuk memastikan penerapan mutu tri dharma perguruan tinggi pada 23 program studi baik pada program sarjana maupun magister. Beberapa program studi lainnya akan menghadapi proses re-akreditasi dan ditargetkan memperoleh predikat A diantaranya program studi Tadris Bahasa Inggris dan Ekonomi Syariah. (liv)
 

Related Post