Jelang Peringatan Milad ke 51 Tahun, Mahasiswa Bidikmisi IAIN Kendari Rilis Buku

Lily Ulfia, SE 24-04-2018 (11:56:53) Berita 302 times
Menjelang peringatan Milad IAIN Kendari ke 51 Tahun yang jatuh pada tanggal 28 April mendatang, mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi IAIN Kendari merilis buku berjudul Senarai Penelitian, Pendidikan, Hukum dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Buku tersebut berisi 23 tulisan hasil penelitian mahasiswa selama tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Deepublish Yogyakarta.

Pembina literasi mahasiswa bidikmisi, Fahmi Gunawan mengatakan, penerbitan buku ini menjadi bukti tumbuhnya budaya literasi dikalangan mahasiswa. Beberapa tulisan dalam buku tersebut telah dipresentasikan dalam seminar ilmiah maupun konferensi baik nasional maupun internasional.
 
“Program peningkatan kualitas akademik mahasiswa bidikmisi dilaksanakan secara rutin dan terpadu melalui program pembinaan karya tulis ilmiah mahasiswa bidikmisi, buku ini merupakan hasil dari program tersebut dan sudah melalui beberapa tahapan seleksi sampai pada seminar hasil penelitian” ungkapnya.
 
Buku Senarai Penelitian merangkum hasil penelitian mahasiswa yang dilakukan selama tahun 2017. Buku tersebut kini dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan googlebooks.
 
Fahmi berharap, penerbitan buku hasil karya mahasiswa di moment peringatan hari lahir kampus IAIN Kendari ini, akan membangun budaya literasi yang lebih massif di kalangan mahasiswa serta memotivasi mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiahnya baik dalam bentuk buku maupun jurnal ilmiah.
 
“Publikasi karya ilmiah sangat penting terutama agar hasil karya kita bermanfaat tidak saja bagi kalangan akademisi tetapi masyarakat secara luas”, tutupnya.
 
Tahun ini, program pembinaan karya tulis ilmiah mahasiswa masih berlanjut dengan menggunakan model penelitian payung. Obyek penelitian disesuaikan dengan salah satu tema penelitian yang dirilis Kementerian Agama yaitu masyarakat pesisir. (liv)
 

Related Post