Jelang Akreditasi Institusi, Rektor Perkuat Tim LPM Dengan Melantik Kapus Pengembangan Standar Mutu

Lily Ulfia, SE 15-03-2022 (10:29:19) Berita 258 times

Kendari, Humas – Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd melantik Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Kartini, MH pada Senin, 14 Maret 2022. Pelantikan dosen dengan tugas tambahan ini juga dirangkaikan dengan pelantikan pejabat fungsional dosen dan pustakawan.

Pelantikan Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu ini merupakan upaya Rektor dalam rangka memperkuat tim Lembaga Penjaminan Mutu menjelang tahapan re-akreditasi institusi dan sertifikasi International Organization for Standarization atau ISO 9001:2015.

“Kita sedang menghadapi dua agenda penting dalam rangka peningkatan rekognisi institusi baik secara nasional maupun internasional. Target ini tentu harus kita upayakan dengan persiapan yang memadai menyiapkan SDM yang kompeten dan solid pada Lembaga Penjaminan mutu. Tim LPM akan mulai bekerja merancang strategi dalam rangka mencapai target akreditasi. Saya berharap pelantikan Kepala Pusat yang baru dilantik dapat segera bekerja dengan maksimal, bersinergi serta menyesuaikan ritme kerja dengan pejabat lainnya di lingkup LPM,” kata rektor usai melantik.

Rektor menambahkan, akreditasi institusi dan sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan kesempatan IAIN Kendari untuk memperbaiki standarisasi mutu sebagai bentuk komitmen dalam memberikan jaminan mutu kepada publik yang menjadi sasaran layanan pendidikan tinggi.

Ketua Lembaga penjaminan mutu Dr. Asliah Zainal mengatakan, akreditasi institusi dengan sembilan kriteria dan sertifikasi ISO membutuhkan energi dan konsentrasi tinggi untuk memenuhi semua persyaratan yang ada. Beberapa tahapan persiapan telah dilakukan sedini mungkin sebagai salah satu langkah konkret untuk mencapai dua target sekaligus yaitu predikat akreditasi unggul dan memperoleh sertifikat Standar Manajemen Mutu yang diakui secara internasional.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Rektor karena sudah melantik pejabat baru untuk mengisi kekosongan posisi kapus. Kami akan berupaya bekerja semaksimal mungkin bersama tim task force akreditasi yang telah dibentuk untuk melengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan untuk pengajuan re-akreditasi institusi dan sertifikasi ISO 9001:2015,” tambahnya.  

Jabatan Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu sempat kosong selama beberapa bulan setelah pejabat sebelumnya Sri Hadijah Arnus, M.Si menjalani tugas belajar untuk melanjutkan Studi program doktor pada Universitas Hasanuddin Makassar. Kehadiran Kapus yang baru diharapkan akan memperlancar tugas LPM yang saat ini sedang mempersiapkan dokumen akreditasi institusi dan ISO 9001-2015 yang rencananya akan diajukan paling lambat tahun 2023 mendatang.

Usai dilantik, Dr. Kartini yang baru kembali aktif di kampus setelah menyelesaikan studi doktoral pada UIN Alauddin Makassar, mengaku akan memaksimalkan potensi yang ia miliki dalam membantu persiapan akreditasi institusi.

“Saya menerima amanah ini dengan semangat pengabdian kepada lembaga dan akan berupaya beradaptasi sesegara mungkin dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Dengan arahan dan bimbingan dari Ketua Lembaga dan rekan sejawat di LPM mudah-mudahan kehadiran saya dapat memberikan kontribusi yang positif,” pungkasnya.
 
Penulis : Lily Ulfia
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 15-03-2022 (10:51:32)
  • Lily Ulfia, SE 15-03-2022 (11:03:50)