Jadi Pilihan Utama, Peserta Ujian Lokal IAIN Kendari Antusias Kerjakan Soal

Lily Ulfia, SE 18-07-2017 (13:39:11) Berita 638 times

Kendari, (Humas IAIN Kendari) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar Ujian Lokal untuk 610 orang peserta, hari ini Selasa (18/7/2017). Ujian bertempat di gedung kuliah terpadu dengan menggunakan 30 ruangan kelas. Peserta menyelesaikan 95 butir soal tes kompetensi dasar dengan materi tes potensi akademik, bahasa dan keislaman yang harus diselesaikan dalam waktu 180 menit dimulai pada pukul 08.00 Wita.

Hujan deras yang mengguyur kota Kendari sejak pagi buta tidak menjadi halangan bagi peserta ujian, bahkan beberapa diantara peserta terlihat basah kuyup saat memasuki ruangan. Panitia dan pengawas mengizinkan peserta yang terlambat mengikuti ujian akibat terhalang hujan dan tetap diwajibkan menyelesaikan soal tepat waktu sesuai jadwal. Berdasarkan pantauan panitia, peserta antusias menyelesaikan soal-soal tersebut dan mampu menyelesaikan sebelum waktu berakhir pada pukul 11.00 Wita.

Sejumlah peserta mengaku bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan soal karena berharap dapat lulus pada perguruan tinggi negeri Islam ini. Seperti yang diungkapkan Muhammad Zein Assegaf, peserta dari SMA Negeri 10 ternate, Maluku Utara. “Saya datang cukup jauh kesini dan hanya tes di kampus ini karena tertarik dengan pola pendidikan dan pengajarannya yang menurut informasi dari teman saya, suasananya sangat kondusif dan nyaman, mudah-mudahan lulus karena disini satu-satunya pilihan saya untuk melanjutkan studi “ ungkap Zein.

Hal senada diungkapkan Alda Suci Anggraeni, alumni SMA 5 Kendari yang baru memutuskan untuk melanjutkan perguruan tinggi beberapa minggu terakhir. “Saya sebenarnya baru memutuskan untuk kuliah karena sebelumnya berencana untuk bekerja, saya memilih IAIN Kendari karena setelah saya mencari informasi tentang suasana kampus yang ada di kota ini, kampus IAIN Kendari paling kondusif dan saya bisa mendapat nilai positifnya dengan memperdalam ilmu agama selain juga memperoleh ilmu umum sesuai prodi yang saya pilih yaitu Pendidikan Guru SD” ungkap Alda yang mendapat informasi tentang IAIN Kendari dari kakak kelasnya.

Berdasarkan survey panitia, hampir seluruh peserta Ujian Lokal berharap dapat lulus karena ini merupakan kesempatan terakhir untuk masuk pada perguruan tinggi negeri Islam terbesar di Sultra ini. Meski masih membuka jalur Ujian Prestasi Lokal yang mempersyaratkan adanya prestasi baik akademik maupun non akademik, Ujian Lokal merupakan jalur terakhir bagi peminat IAIN Kendari yang tidak memiliki prestasi tertentu.

Tahun ini, minat pendaftar terhadap IAIN Kendari semakin tinggi terlihat dari jumlah pendaftar dari setiap tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru mengalami peningkatan signifikan bahkan lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu.

Wakil Rektor I, Dr. Husain Insawan mengungkapkan perdasarkan pilihan pendaftar pada Ujian Lokal, program studi yang paling diminati adalah Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Perbankan Syariah, Tadris Bahasa Inggris Islam, Tadris Biologi dan Tadris Matematika. Selebihnya menyebar secara merata pada fakultas Syariah dan Fakultas Ushuluddian Adab dan Dakwah.

Panitia akan mengumumkan kelulusan peserta Ujian Lokal pada tanggal 24 Juli mendatang melalui website resmi IAIN Kendari http://iainkendari.ac.id (liv)

Related Post