Izin Pembukaan Prodi Magister PBA Keluar, Pascasarjana IAIN Kendari Bersiap Terima Mahasiswa Baru

Lily Ulfia, SE 12-09-2022 (12:59:56) Berita 380 times
Kendari, Humas – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah menerbitkan surat keputusan pembukaan program studi baru Magister Pendidikan Bahasa Arab  (PBA) padatanggal 7 September 2022. Dengan keluarnya SK tersebut, Program Pascasarjana IAIN Kendari dinyatakan telah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi pada program studi Magister PBA.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengatakan pembukaan prodi ini merupakan upaya institusi dalam mewujudkan aspirasi dan keinginan publik terutama masyarakat yang berpfosesi sebagai guru bidang studi PBA dan alumni sarjana PBA yang ingin melanjutkan studi pada program magister.

“Alhamdulillah SK pembukaan prodi ini sudah keluar sehingga kita bisa mengakomodir aspirasi dari masyarakat untuk bisa melanjutkan studi tanpa harus ke luar kota. Secara kualitas, kita tidak kalah dengan kampus lain karena SDM yang ada memiliki kapasitas yang berdaya saing, bahkan sudah ada yang bergelar guru besar,“ papar Rektor

Selain mewujudkan harapan masyarakat, pembukaan prodi Magister PBA ini sekaligus melengkapi kekurangan persyaratan transformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN. Salah satu syarat transformasi adalah program Pascasarjana wajib memiliki minimal lima program studi.

“Syarat yang belum kita penuhi untuk transformasi adalah jumlah prodi pada program pascasarjana dan jumlah prodi yang terakreditasi unggul. Yang pertama ini sudah kita penuhi dengan terbitnya SK pembukaan prodi Magister PBA, tersisa satu syarat lagi yang akan kita upayakan yaitu prodi terakreditasi unggul. Kita sedang menunggu asesmen untuk prodi PBA di FTIK, mudah-mudahan hasilnya sesuai target kita sehingga transformasi kelembagaan bisa terwujud dalam waktu dekat,” kata Rektor

Sementara itu, direktur pascasarjana IAIN Kendari Dr. Laode Abdul Wahab mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dokumen administrasi untuk persiapan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru antara lain kurikulum, SDM tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana prasarana perkuliahan lainnya.

“Proses pengusulan prodi ini dimulai sejak tahun 2020. Sebelum terbitnya keputusan pembukaan prodi dari BAN-PT kami sudah menyiapkan sarana prasarana perkuliahan sesuai dengan yang diajukan dalam borang. Oleh karena itu kami sudah siap menerima mahasiswa baru, tinggal menunggu KMA tentang izin penyelenggaraan prodi diterbitkan. Untuk tahap awal kita akan buka satu kelas dulu sambil melihat respon masyarakat,” tambahnya.  

Sebelum terbitnya SK pembukaan prodi PBA, Program pascasarjana IAIN Kendari mengelola empat program studi antara lain Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Al-syakhshiyyah) dan Ekonomi Syari'ah. Selain program studi jenjang magister, Pascasarjana juga tengah mengusulkan pembukaan program studi jenjang doktoral yaitu Pendidikan Agama Islam. (liv)