IOSIE 2024 di IAIN Kendari Resmi Dibuka, Dihadiri 188 Peserta dari Seluruh di Indonesia

Novi Rahmilia 06-03-2024 (12:17:50) Berita 1082 times
Kendari, Humas - International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari resmi dibuka di Hotel Azizah Syariah, Rabu (6/3/2024). Pembukaan ditandai dengan penekanan layar sentuh oleh Rektor IAIN Kendari  Prof. Dr. Husain Insawan. M.Ag, didampingi oleh Ketua Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) PTKIN se-Indonesia Prof. Dr. M. Ivan Rahmawan Arifin, Wakil Rektor I IAIN Kendari Dr. Jumarddin La Fua, M.Pd dan Dekan Fakultas EKonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari Dr. Muhammad Hadi, MH.

IOSIE ini merupakan kompetisi internasional yang bertujuan untuk memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman mereka tentang ekonomi Islam serta mendorong aplikasi kreatif ilmu dalam bidang ini.

Ketua AFEBIS Prof. Dr. M. Rahmawan Arifin menyampaikan, antusias peserta dalam pelaksanaan IOSIE tahun ini lebih tinggi dibandingkan pada kegiatan sebelumnya yang digelar di Surakarta. Sekitar 398 dari 48 PTKIN se-Indonesia berpartisipasi dalam semua cabang lomba pada ajang bergengsi ini. 

"Keluarga besar AFEBIS juga mengucapkan terimakasih kepada IAIN Kendari yang telah mengemas kegiatan ini jauh lebih besar daripada IOSIE pertama yang diselenggarakan tahun lalu di Kota Solo. Partisipasi peserta dan PTKIN hari ini jauh lebih besar daripada IOSIE yang pertama, tentunya ini sangat luar biasa," katanya. 

Lebih lanjut Prof. Ivan, sapaan akrabnya mengungkapkan dalam kegiatan IOSIE kali ini ada 15 cabang yang diikuti. Hal tersebut tentunya akan menambah peluang untuk membuka potensi seluas-luasnya yang dimiliki mahasiswa. 

"Tak hanya perlombaan, IOSIE kali ini juga akan menyelenggarakan konferensi. Ini menjadi wahana bagi mahasiswa kita untuk berpartisipasi. Kami ucapkan juga terimakasih kepada para juri yang telah datang dari 8 negara dan peserta yang hadir dari 5 negara," katanya. 

Sementara itu Rektor IAIN Kendari menyambut baik kedatangan seluruh peserta dan anggota AFEBIS di Kota Kendari. Tentunya kata dia kegiatan IOSIE yang kedua diharapkan melahirkan banyak target mulai dari peningkatan akreditasi dan juga artikel jurnal yang diterbitkan pada jurnal terindeks scopus atau internasional. 

"Secara umum kegiatan seperti ini juga akan menaikkan rating Indonesia sebagai negara yang menyelenggarakan dan mengimplementasikan ekonomi bisnis islam diberbagai sektor kehidupan," katanya. 

Rektor IAIN Kendari menambahkan, kegiatan ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang pertukaran ide dan pengembangan konsep-konsep ekonomi Islam yang inovatif.

"Tentunya ini menjadi wadah yang sangat baik bagi mahasiswa kita untuk mempertajam ilmu pengetahuan, kreativitas dalam mengaplikasikan pemahaman ekonomi Islam dalam konteks kontemporer,” tuturnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari, Dr. Muhammad Hadi, M.HI menyampaikan, terimakasih atas kedatangan peserta IOSIE kedua di Kota Kendari. Peserta terbanyak datang dari UIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat.  

"Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari telah dipercaya menjadi tuan rumah pada kegiatan IOSIE kali ini," pungkasnya. 


Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim