International Conference on Islam and Local Wisdom

Lily Ulfia, SE 23-03-2017 (09:50:14) Berita 1114 times

PRESS RELEASE INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM AND LOCAL WISDOM (ICLAW)
IAIN Kendari sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Sulawesi Tenggara dalam rangka ulang tahunnya yang ke-50 harus menegaskan eksistensinya sebagai pelayan umat dengan mewujudkan visi pendidikan yang transdisiplinary di tengah masyarakat Sulawesi Tenggara, bahkan secara nasional dan internasional, khususnya dengan menjadi basis pengembangan kajian dan penelitian ilmiah.
International Conference on Islam and Local Wisdom adalah rangkaian ikhtiar IAIN Kendari dalam memfasilitasi dan mengakomodir para akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mempublikasikan hasil kajian dan penelitiannya ke dalam jurnal yang terakreditasi atau bereputasi internasional, khususnya terkait dunia Islam dan Kearifan Lokal. Sub tema dari konferensi ini antara lain ilmu keislaman, social, budaya, ekonomi, hukum dan pendidikan. Dalam penyelenggaraannya IAIN Kendari bekerjasama dengan South East Asia Academic Mobility, sebuah organisasi pendidikan yang beranggotakan 16 Perguruan Tinggi terkemuka di Asia Tenggara.
Islam dan Kearifan Lokal adalah tema yang diharapkan dapat mendorong pengembangan kualitas kehidupan keberagamaan yang berbasis kepada kebijakan-kebijakan dan prinsip hidup masyarakat yang bersangkutan, sehingga masyarakat tidak kehilangan identitas lokalnya dalam mewujudkan Islam yang berkerahmatan bagi seluruh alam.
Di samping hal di atas, tuntutan bagi para akademisi di untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya sudah sangat mendesak mengingat peraturan Kemenristek Dikti yang mewajibkan setiap dosen untuk hal tersebut. Salah satu tahapan penting dalam proses publikasi ilmiah adalah diseminasi hasil penelitian melalui seminar atau konferensi di level nasional dan internasional.
Konferensi Internasional adalah wadah bagi para peneliti untuk bertukar informasi sehingga akan menambah wawasan dan kematangan berpikir ilmiah. Konferensi internasional juga dapat menjadi sarana untuk menjalin kerjasama antarpeneliti yang sebidang, baik dari yang dalam negeri maupun yang dar luar negeri. Keikutsertaan akademisi dalam konferensi internasional tentu dapat membuka peluang publikasi ilmiah pada jurnal yang memiliki reputasi baik nasional maupun  internasional.
IAIN Kendari di ulang tahun emas sudah memiliki potensi yang sangat memadai untuk menjadi penyelenggara konferensi internasional, yang sekaligus menjadi sarana sosialisasi institusi di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.
International Conference on Islam and Local Wisdom dilaksanakan dengan menghadirkan keynote speaker bereputasi internasional dari beberapa negara untuk memberikan materi dan pengalaman terkait penulisan, penelitian, dan publikasi karya ilmiah dihadapan para peserta konferensi. Bertindak sebagai keynote speaker antara lain Assoc. Prof. Affandi Salleh (Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Gamal Abdul Nasir Zakaria (Universiti Brunai Darussalam), dan Dr. Suyatno (Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia)  
Bersama itu, para akademisi dan peneliti diundang untuk submit karya ilmiah ke panitia konferensi. Abstrak karya ilmiah akan diseleksi secara profesional oleh tim penyeleksi, dimana selected paper akan diterima dan diundang untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Dari hasil presentasi dan revisi paper kemudian akan diterbitkan ke beberapa jurnal bereputasi internasional, prosiding bereputasi internasional atau buku edit volume.

http://iclaw.iainkendari.ac.id/


 

Related Post