IAIN Kendari Verifikasi 1.021 Dokumen Pendaftar SPAN-PTKIN, Hasilnya Diumumkan 15 April

Lily Ulfia, SE 06-04-2022 (11:59:57) Berita 429 times
Kendari – Humas, Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) ditutup 31 Maret 2021. Tercatat jumlah pendaftar IAIN Kendari pada jalur bebas tes tersebut sebanyak 1.021 orang.

Ketua panitia lokal penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari , Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, seleksi pada jalur bebas tes ini cukup ketat karena melalui beberapa tahapan dimulai dari metode scoring secara otomatis pada system informasi SPAN-PTKIN. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi kesesuaian nilai rapor yang diinput oleh pihak sekolah dengan dokumen asli rapor yang diupload pada website SPAN-PTKIN. Tahapan seleksi akan berlangsung selama sepekan, 5-11 April 2022.

“Tahap verifikasi dilakukan dengan tujuan untuk memastikan tidak ada manipulasi nilai untuk meluluskan peserta tertentu. Selaku panitia kami ingin memberikan jaminan bahwa mereka lulus pada jalur seleksi ini merupakan siswa berprestasi dari seluruh sekolah di Sultra,” paparnya.

Jalur SPAN-PTKIN menjadi harapan besar bagi kampus untuk memperoleh input mahasiswa yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini, kualitas input mahasiswa pada perguruan tinggi memiliki kontribusi yang besar terhadap mutu lembaga di masa depan.

“Oleh karena itu, sebagian besar kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa kami laksanakan bertepatan dengan dibukanya pendaftaran jalur SPAN-PTKIN ini. Meskipun demikian, IAIN Kendari tetap membuka kesempatan yang besar bagi calon mahasiswa untuk mendaftar pada jalur berikutnya yaitu Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN,” tambahnya.

Tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SPAN-PTKIN telah dimulai sejak awal Februari 2022. Tahapan pendaftaran diawali dengan pengisian Pangkalan data Sekolah dan SIswa atau PDSS secara mandiri oleh pihak sekolah.

Untuk memperlancar proses tersebut, panitia IAIN Kendari telah melakukan pendampingan melalui bimbingan teknis TIK yang diikuti oleh 150 sekolah se Sultra. Selain itu tim sosialisasi juga melakukan pendampingan pengisian PDSS secara langsung di sekolah-sekolah sekaligus mensosialisasikan proses pendaftaran kepada siswa.

Siswa yang mendaftar pada jalur SPAN-PTKIN ini akan memperebutkan 30 persen kuota penerimaan mahasiswa baru dari total kuota 2.030 orang yang akan diterima pada tahun akademik 2022/2023.

Kelulusan peserta SPAN PTKIN akan dimumkan pada 15 April 2022 melalui website SPAN-PTKIN dan website resmi iain kendari https://spmb.iainkendari.ac.id. liv
 
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 06-04-2022 (12:16:32)
  • Lily Ulfia, SE 06-04-2022 (12:21:25)
  • Lily Ulfia, SE 06-04-2022 (12:21:38)