IAIN Kendari Terima Bantuan Sarana Prasarana Pendidikan dari Bank Indonesia

Lily Ulfia, SE 15-08-2021 (21:20:00) Berita 809 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri Kendari menerima bantuan Sarana Prasarana Pendidikan dari Bank Indonesia. Bantuan tersebut diserahkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dr. Sugeng kepada Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd pada kegiatan BI Mengajar yang digelar secara Virtual, Minggu (15/8/21).

Bantuan sarana Prasarana Pendidikan dari Program Sosial Bank Indonesia ini berupa Laboratorium Komputer Akuntansi Perbankan dan Perangkat Laboratorium Audio Visual.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat secara optimal bagi sivitas akademika IAIN Kendari dan menjadi berkah untuk kita semua,” ucap Sugeng saat prosesi penyerahan.

Rektor IAIN Kendari menyampaikan terima kasih atas bantuan dan komitmen bank Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan khususnya kepada IAIN Kendari.

“Bantuan ini menjadi penambah imun bagi IAIN Kendari di tengah kebijakan refocusing anggaran akibat pandemi covid-19. Bantuan ini menjadi motivasi untuk menghasilkan inovasi dan karya yang bermanfaat bagi dunia pendidikan maupun bagi masyarakat secara umum,” kata Rektor.

Kerjasama IAIN Kendari dengan Bank Indonesia telah berjalan sejak tahun 2015 dalam berbagai program capacity building, riset dan penyaluran beasiswa Generasi Baru Indonesia(GenBI) kepada 50 orang mahasiswa setiap tahunnya.  

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra, Bimo Epyanto mengatakan, IAIN Kendari merupakan salah satu mitra strategis KPw BI Sultra bersama sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Selain menjalin berbagai program kerjasama, Kpw BI Sultra secara aktif mengikutsertakan mahasiswa GenBI IAIN Kendari dalam berbagai program dan kegiatan yang diselenggarakan Kpw Bi Sultra agar mereka mendapatkan exposure langsung dan melatih jiwa kepemimpinan untuk menjadi kader pemimpin bangsa di masa depan.

Mahasiswa Antusias Ikuti Program BI Mengajar

Sebanyak 1.300 Mahasiswa IAIN Kendari ikut berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan BI Mengajar yang mengangkat tema Memperkuat Inovasi, Sinergi, dan Kepedulian Sosial Sebagai Kontribusi Bagi Pemulihan Ekonomi Nasional.

BI Mengajar adalah salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia dalam meningkatkan literasi ekonomi serta sarana komunikasi kebijakan bank sentral yang dikemas dalam materi yang edukatif dan menarik sehingga lebih mudah dipahami oleh peserta.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Pd selaku ketua panitia penyelenggaraan kegiatan BI Mengajar mengatakan, kegiatan ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai peranan bank Indonesia dalam perekonomian nasional.

“Sebagai agen of change, mahasiswa perlu menambah literasi terhadap persoalan ekonomi bangsa yang sangat menentukan arah pembangunan nasional, untuk itu kami sangat mengapresiasi karena BI telah menggandeng IAIN Kendari untuk penyelenggaraan program ini,” tambahnya.
 
Laode Muh. Ryan, Mahasiswa IAIN Kendari Pogram Studi Ekonomi Syari’ah angkatan 2021 mengaku memperoleh tambahan wawasan yang sangat berarti dari penjelasan pemateri yang merupakan Deputi Gubernur Bank Indonesia Dr. Sugeng.

“Materinya sangat bagus, jelas dan mudah dipahami bagi kami yang masih awam tentang kebanksentralan. Saya menjadi lebih mengerti apa tujuan dan fungsi bank Indonesia. Sebelumnya saya mengira BI itu tugasnya hanya mencetak uang, ternyata banyak fungsi lain yang sangat berarti bagi kelangsungan ekonomi Indonesia,” tambahnya.

Peserta BI Mengajar pada ruang meeting zoom mencapai angka 1.000 orang, selebihnya menyimak materi melalui live streaming kanal youtube Bank Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK IAIN Kendari, Pimpinan BI Institut, Ida Rosidah, panitia digifest HUT BI ke 68 Juli Budi Winantya dan Imaduddin Sahabat serta Jajaran Kpw BI Sultra. Program BI Mengajar terselenggara atas kerjasama BI Institut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara dan IAIN Kendari.

Penulis : Lily Ulfia
 
 
 
 
 
 
 

Related Post