IAIN Kendari Terapkan Presensi Lewat Aplikasi PUSAKA

Novi Rahmilia 22-02-2023 (13:30:56) Berita 754 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menerapkan presensi menggunakan aplikasi PUSAKA yang dikembangkan oleh Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama RI.

Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Dr. H. Moh. Junaidin, MA mengatakan PUSAKA merupakan aplikasi terintegrasi yang berisi berbagai fitur layanan online Kemenag seperti pendaftaran haji, nikah, sertifikasi halal, layanan pendidikan, dan berbagai informasi keagamaan serta layanan presensi dan pelaporan kinerja harian bagi ASN Kemenag.

“Seluruh ASN Kemenag wajib menggunakan aplikasi PUSAKA sebab akan menjadi alat presensi utama dan di IAIN Kendari akan segera digunakan pada Maret mendatang,” ucapnya saat memberikan arahan dalam kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi PUSAKA di Aula Perpustakaan, Rabu (23/2/2023).

Aplikasi PUSAKA  yang dirilis oleh Kemenag RI pada November 2022 lalu tersebut menuntut ASN agar mampu beradaptasi dan responsif terhadap perkembangan teknologi. Layanan berbasis digital ini diharapkan dapat memudahkan akses masyarakat terhadap layanan dan informasi terkait Kementerian Agama.

Sementara itu, Analis SDM Aparatur Ahli Muda Kasim, M.Pd.I mengingatkan kepada seluruh ASN yang hadir agar segera mendownload dan melakukan uji coba penggunaan aplikasi tersebut.

“Silahkan login menggunakan username dan password pada Simpeg5. Jika ada yang menemui kendala dalam penggunaan aplikasi dapat menghubungi bagian kepegawaian,” jelasnya.

Aplikasi PUSAKA dapat digunakan pada Perangkat Computer, IOS maupun Android yang terhubung dengan jaringan internet. Bagi ASN IAIN Kendari presensi dapat dilakukan di lingkungan kampus hingga pada radius dua ratus meter dari titik lokasi kampus II IAIN Kendari.