IAIN Kendari Teken MoU dengan Universitas Airlangga Surabaya dan UIN Sunan Ampel Surabaya

Lily Ulfia, SE 18-02-2023 (13:34:56) Berita 494 times

Surabaya, Humas – IAIN Kendari mengisi rangkaian kegiatan Rapat Kerja tahun 2023 di Surabaya Jawa Timur dengan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi pada perguruan tinggi terkemuka di Surabaya yaitu Universitas Airlangga dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Penandatanganan MoU di Universitas Airlangga berlangsung pada tanggal 17 Februari 2023 yang dihadiri langsung oleh Rektor  Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak dan jajaran pimpinan airlangga antara lain Wakil Rektor, Ketua Senat, Dekan dan Direktur. Dari Pihak IAIN Kendari dihadiri Rektor, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, Ketua Senat, Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga dan Direktur International Office.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Airlangga menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik tawaran kerjasama IAIN Kendari karena akan menjadi awal memperluas jangkauan penerima manfaat program tridharma perguruan tinggi utamanya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami ingin memperluas cakupan wilayah pengabdian kami sehingga ini merupakan kesempatan yang baik bisa bekerjasama dengan IAIN Kendari. Kita akan merancang program yang bisa mendatangkan manfaat satu sama lain bagi pengembangan ilmu pengetahuan,” kata Rektor.

Rektor IAIN Kendari menyampaikan terima kasih atas kesediaan Universitas Airlangga memberikan kesempatan kerjasama terutama pada bidang tertentu yang sejalan dengan visi PTKIN.

“Kami sangat optimis bahwa dengan reputasi Universitas Airlangga sebagai sebagai world class university yang berada pada peringkat 369, kerjasama ini akan menjadi langkah strategis dan berkontribusi dalam mewujudkan peningkatan mutu IAIN Kendari di masa yang akan datang. Terlebih lagi IAIN Kendari saat ini sedang mempersiapkan diri bertransformasi menjadi Universitas yang memerlukan mitra strategis seperti Unair untuk kebutuhan akselerasi pengembangan kampus,” papar Rektor

Usai penandatanganan MoU, IAIN Kendari akan mengimplementasikan beberapa program kemitraan melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara lain Double Degree Prodi Ekonomi Syariah. Program ini diharapkan dapat berjalan sesuai rencana yang memungkinkan mahasiswa program memiliki dua gelar dari universitas berbeda.

Selain PKS double degree, IAIN Kendari juga mengusulkan kerjasama Kantor Urusan Internasional dengan Airlangga Global Engagement untuk program internasionalisasi seperti KKN luar negeri dan Student Mobility Program. PKS tersebut masih dalam tahap review dari pihak Unair yang diharapkan dapat dituntaskan pada Maret 2023.

Selain Universitas Airlangga, Rektor IAIN Kendari juga menandatangani MoU dengan UIN Sunan Ampel Surabaya yang akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerjasama pada beberapa bidang antara lain program riset bersama dan KKN Nusantara yang telah berjalan selama dua tahun terakhir.

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Akhmad Muzakki, Grad Dip SEA, M.Ag, M.Phil, Ph.D juga hadir sebagai pemateri pada kegiatan rapat kerja di Hotel GreenSA Surabaya. Rektor alumni The University of Queensland tersebut membagi pengalaman dalam  mengelola Perguruan Tinggi agar berkembang dengan pesat di era digital. Materi ini dapat menjadi rujukan untuk perencanaan program kerja IAIN Kendari tahun 2024. (liv)