IAIN Kendari Rintis Kerjasama Luar Negeri

Super User 12-10-2015 (09:55:20) Berita 763 times

kerjasama-internasional-2015

IAIN Kendari mencatat sejarah baru dalam bidang akademik dengan merintis hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi di Negara Malaysia yaitu University of Malaya dan University Utara Malaysia (UUM). Rintisan kerjasama tersebut ditandai dengan kunjungan resmi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Kendari ke kampus dua perguruan tinggi milik pemerintah Malaysia tersebut. Kunjungan ke kampus UUM dilaksanakan pada Kamis (08/10/15).

Dalam pertemuan dengan sejumlah pejabat UUM, disepakati kerjasama dengan IAIN Kendari dalam bentuk program akademik di antaranya Joint Research, Joint Article, Student Exchange, Lecturer Exchange, Sitting Class, Double Degree, Studium General, bahkan pihak UUM juga membuka peluang kepada para dosen IAIN Kendari untuk menjadi Contract Lecturer di UUM. Di samping itu, UUM menawarkan diri untuk menjadi destinasi studi S2 (Magister) dan S3 (Ph.D) bagi para dosen dan alumni IAIN Kendari dengan biaya yang lebih murah dari biaya standar sebagai konsekuensi hasil kerjasama ini dalam bidang keilmuan Bahasa dan Sastra, Manajemen, Ekonomi dan Multifinace, Budaya dan Humaniora Sains dan Teknologi, Hukum dan Pemerintahan, Multimedia dan Komunikasi, Pendidikan dan Olahraga.

Tujuan kerjasama ini dilakukan untuk perluasan akses networking dan partnership, pengembangan mutu dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas akademik dan penguatan kelembagaan IAIN Kendari. Kerjasama ini benar-benar ditindaklanjuti secara serius oleh kedua belah pihak. Bentuk keseriusan ditandai dengan dilayangkannya undangan khusus dari Rektor UUM bersama Yang Dipertuan Agung Malaysia kepada Rektor IAIN Kendari guna menghadiri Wisuda Undergraduate dan Postgraduate UUM 23 - 28 Oktober 2015.

Rintisan kerjasama ini ditandai dengan diskusi penyamaan persepsi dan penyerahan cinderamata dari pihak UUM yang diwakili oleh Direktur Center for International Affairs and Cooperation UUM Prof. Dr. Hidayatullah Abdul Jabar kepada pihak IAIN Kendari yang diwakili oleh Dr. Husain Insawan, M.Ag di Ruang Rapat UUM. Pertemuan itu juga dihadiri oleh jajaran pejabat UUM Prof. Madya. Dr. Oemar Hamdan, Hj. Mohd. Djuhri, Prof. Dr. Ahmad Jelani Shaari, Dr. Mohd. Syahril Ahmad Razimi, Dr. Massudi Mahmuddin, Dr. Abd. Rahman Mohd. Isa, Dr. Muhajir. Turut hadir pula dari pihak IAIN Kendari Abdul Halim, M.TESOL selaku Direktur Pusat Kerjasama Luar Negeri.

UUM merupakan salah satu dari 20 perguruan tinggi milik negara Malaysia yang didirikan oleh Mantan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Mahatir Muhammad. Alumni UUM diakui dan dapat diberdayakan tidak kurang dari 40 Negara Persemakmuran (Commonwealth Country) di dunia. UUM memiliki 14 Fakultas, 5000 Dosen dan 29.000 Mahasiswa dari berbagai belahan dunia seperti China, India, Indonesia, Jepang, Bangladesh, Srilanka, Pakistan, Nigeria, Sudan, Kenya, Swedia, Inggris, Jerman, Perancis, Australia dan Amerika.

Sementara itu, masih dalam rangkaian lawatan ke Malaysia, rombongan IAIN Kendari juga merintis kerjasama dengan University of Malaya. Perguruan tinggi ini merupakan almamater dari dua perdana Menteri Malaysia yaitu Anwar Ibrahim dan Abdullah Ahmad Badawi. Bentuk kerjasama yang disepakati antara lain yaitu visiting Guru Besar UM ke IAIN kendari dalam rangka memberikan pendalaman keilmuan bagi dosen maupun mahasiswa baik setingkat S1 maupun Pascasarjana. Selain itu disepakati pula adanya pertukaran mahasiswa sebagai bagian dari upaya memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang pendidikan di luar negeri.

Kerjasama dengan universitas di luar negeri diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi kualitas IAIN Kendari dalam rangka mencapai misi sebagai perguruan tinggi yang berdaya saing khususnya di Sulawesi Tenggara.

Related Post