IAIN Kendari  Raih Akreditasi B

Lily Ulfia, SE 28-03-2019 (18:09:07) Berita 204 times
Kendari, Humas – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menerbitkan sertifikat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi bagi IAIN Kendari nomor 132/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019 tertanggal 26 Maret 2019 dengan peringkat terakreditasi B.Peringkat akreditasi tersebut diterbitkan setelah tim Assesor melaksanakan visitasi pada tanggal 1 Maret 2019.

Sebelumnya, lembaga pendidikan tinggi ini meraih akreditasi C pada saat masih berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kendari.

Plt. Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras dan kerja cerdas seluruh pimpinan, dosen dan pegawai kampus biru selama beberapa tahun terakhir.

“Alhamdulillah pencapaian ini sudah sesuai target yang kita tetapkan meningkat dari predikat akreditasi C menjadi B. Ini merupakan hasil kerja bersama yang dilakukan dengan sepenuh hati dan keikhlasan demi pengembangan lembaga”, ungkapnya.

Menurut Nur Alim, raihan nilai akreditasi buah dari upaya peningkatan kualitas pelayanan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan dengan prinsip kolektif kolegial. Ia berharap, pencapaian tersebut akan menjadi motivasi bagi Rektor selanjutnya dan sivitas akademika IAIN Kendari untuk memberikan karya yang terbaik dan mencapai grade akreditasi yang lebih tinggi.

Sementara itu, Wakil Rektor I Dr. Husain Insawan, M.Ag selaku koordinator tim penyusun borang akreditasi institusi perguruan tinggi menjelaskan, proses penyusunan borang dilaksanakan secara intensif selama kurang lebih delapan bulan. Tim akreditasi mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan demi memenuhi 7 standar penilaian akreditasi.

Ia menyebutkan, tujuh standar yang termaktub dalam borang akreditasi yaitu pertama,  visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian. Kedua, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Ketiga, mahasiswa dan lulusan. Keempat, sumber daya manusia. Kelima, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. Keenam, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi. Ketujuh, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

“Tim akreditasi telah bekerja maksimal demi mencapai grade akreditasi ini, semoga dengan peningkatan grade bisa memperluas akses mahasiswa dan alumni baik untuk kepentingan pendidikan maupun lapangan pekerjaan”, pungkasnya.

Saat ini, IAIN Kendari telah menjadi perguruan tinggi pilihan bagi masyarakat untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi di Sulawesi Tenggara. Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada kampus biru kini telah mencapai 5 ribu orang. (liv)
 

Related Post