IAIN Kendari Naikkan Standar Mutu Penelitian Dosen

Lily Ulfia, SE 07-03-2016 (01:27:51) Berita 782 times

Penelitian Kompetitif 040316

Institut Agama Islam Negeri Kendari memiliki komitmen yang tinggi dalam mendorong meningkatnya kualitas penelitian dosen dari waktu ke waktu. Kegiatan penelitian merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang menjadi wadah bagi dosen dalam mengembangkan kepakarannya pada satu bidang ilmu tertentu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menaikkan standar mutu penelitian kompetitif tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

Kepala LP2M, Dr. Muh Alifuddin mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penelitian kompetitif tahun 2016 mewajibkan seluruh peneliti untuk menerjemahkan hasil penelitiannya ke dalam bahasa asing. Hal ini dimaksudkan agar hasil penelitian tersebut dapat dipublikasikan pada jurnal international yang terindeks scopus. “Tahun ini anggaran penelitian mandiri bertambah dari sebelumnya sebesar Rp12 juta menjadi Rp15 juta, penambahan ini untuk keperluan penerjemahan hasil penelitian ke dalam bahasa asing” ungkapnya saat membuka kegiatan Seminar Proposal Penelitian Kompetitif Dosen IAIN kendari tahun 2016, Jum'at (04/03/16). Penerjemahan ke dalam bahasa Inggris ini telah diantisipasi melalui program penguatan bahasa asing bagi dosen IAIN Kendari dengan menggandeng lembaga kursus bahasa asing Briton.

Selain itu, standar penelitian juga dinaikkan dengan mempersyaratkan penelitian yang aplikatif sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. LP2M juga membagi cluster penelitian menjadi tiga bagian yaitu Pendidikan Islam dan Kependidikan Islam, Hukum dan Ekonomi Islam serta Islam dan Sosial Humaniora. Cluster penelitian ini diharapkan akan memudahkan identifikasi kepakaran dosen IAIN Kendari. Selain itu, LP2M juga mendorong dosen-dosen yang belum pernah mengikuti penelitian kompetitif untuk melakukan penelitian sehingga meningkatkan kemampuan meneliti yang menjadi kewajiban dosen selain program pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelumnya pada tahun 2015, sejumlah dosen IAIN Kendari telah berhasil mempublikasikan hasil penelitiannya pada Jurnal Internasional yang terindeks dalam Scopus. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya nilai akreditasi institusi maupun program studi di IAIN Kendari, sebab hasil penelitian dosen menjadi salah satu parameter penilaian mutu sebuah perguruan tinggi.(liv)

Related Post