IAIN Kendari Kirim Mahasiswa Ke Thailand

Super User 26-05-2015 (11:38:20) Berita 759 times

thailand1Kendari (Humas) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengirim Tujuh orang mahasiswa ke Thailand Selatan untuk mengikuti program Praktek Pendidikan Lapangan selama empat bulan. Ketujuh mahasiswa ini merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris.
Rektor IAIN Kendari mengatakan, keberangkatan mahasiswa tersebut membawa misi penting yaitu memperkenalkan Islam Indonesia ke dunia internasional.
“Islam Indonesia adalah Islam rahmatan lil’alamin yang mengakomodir keberagaman, melalui kegiatan bimbingan keagamaan mahasiswa kami akan menyebarluaskan tradisi Islam Nusantara yang menghargai perbedaan dan hidup berdampingan dengan damai dalam kehidupan multikultural.
Selain itu mahasiswa juga akan memperkenalkan IAIN Kendari kepada masyarakat Thailand serta ikut menarik minat masyarakat setempat untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi Islam di Sulawesi Tenggara ini. Menurut Rektor, IAIN Kendari berencana menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat terkait pendidikan lanjut. Masyarakat Thailand yang tertarik mempelajari Islam Indonesia dapat melanjutkan studi pada IAIN Kendari dengan sejumlah kemudahan antara lain beasiswa biaya pendidikan serta kemudahan akomodasi selama studi.
Sementara itu, Warek III IAIN Kendari Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag menjelaskan, keikutsertaan IAIN Kendari dalam program kerjasama ini merupakan kesempatan besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri terutama dari aspek kemandirian dan wawasan global .
“Mereka yang diberangkatkan adalah mahasiswa tingkat III dengan prestasi kualifikasi IPK 3,30 keatas, memiliki wawasan keagamaan yang memadai serta memiliki keterampilan komunikasi baik berupa dakwah maupun mengajar, sebab disana mereka akan mengajarkan berbagai hal tentang ritual ibadah maupun tradisi keagamaan” lanjutnya.
Mereka akan diberangkatkan pada tanggal 06 Juni 2015 bersama sekitar 30 lebih mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri dari pulau Jawa. Ke tujuh mahasiswa tersebut adalah Aini Khairunnisa, Dwi Rahmadanty, Muthia Nurfadhilah, Yunita Saputri, Ulul Azmi, Sartika Dewi Liana Sari dan Nita Alvyonita.

Related Post