IAIN Kendari Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Novi Rahmilia 01-06-2024 (09:23:44) Berita 626 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Pelataran Gedung Rektorat, Sabtu (1/6/24).

Peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momen untuk mengenang sejarah lahirnya dasar negara Indonesia ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).
 
Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024  bertema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
 
Dalam pidatonya, Prof. Husain mengatakan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.
 
“Amalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, serta manfaatkan kemajuan teknologi informasi secara bijaksana untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” ucapnya.
 
Lebih lanjut, Dia mengatakan Pancasila harus dijadikan filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.
 
“Mari mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” ucapnya.
 
Upacara yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan, dosen dan pegawai serta mahasiswa lingkup IAIN Kendari. Peringatan ini diharapkan dapat menguatkan kembali semangat kebangsaan dan cinta tanah air di seluruh kalangan khususnya generasi muda Indonesia.