IAIN Kendari Gelar UM PTKIN, Panitia Jamin Tak ada Joki

Lily Ulfia, SE 22-05-2018 (08:44:51) Berita 234 times
Kendari, Humas - IAIN Kendari menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) hari ini, Selasa (22/5/18). Ketua Panitia Lokal UMPTKIN IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, ujian tersebut digelar dalam dua kategori yaitu paper based test (PBT) dan computer based test (CBT). Ujian penerimaan mahasiswa baru ini diikuti oleh sebanyak 781 peserta.

"Kami menggunakan 38 ruangan untuk PBT dan 2 ruangan untuk CBT, panitia menyiapkan sistem pengawasan yang cukup ketat dalam pelaksanaan ujian ini dengan menempatkan pengawas ruangan dibantu pengawas lainnya yang mobile" jelasnya. 

Pelaksanaan UM PTKIN juga ikut mendapat pengawasan dari panitia pusat, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL. Dengan pengawasan yang ketat ini, Husain menjamin tidak ada pramtik joki dalam pelaksanaan kegiatan penerimaan baru berbasis test ini. 

"Seluruh peserta tidak diperbolehkan masuk tanpa membawa kartu tanda pengenal yang tercantum foto asli, jadi tidak terbuka peluang untuk praktik joki. Kalau kita temukan akan langsung dikeluarkan", tegasnya.

Lebih lanjut Husain mengatakan, peserta akan mengikuti materi tes antara lain test kompetensi dasar, bidang studi IPA, bidang studi IPS. Kelulusan peserta akan ditentukan berdasarkan nilai tertinggi dan memenuhi passing grade.

Jumlah peserta UMPTKIN di IAIN Kendari terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
"Ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap IAIN Kendari semakin positif menyusul berbagai upaya peningkatan mutu layanan pendidikan yang dilakukan secara berkesinambungan", tutupnya.

UM PTKIN dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.30 WITA. Seluruh lembar jawaban akan dikirim ke panitia pusat untuk selanjutnya penentuan kelulusan dilaksanakan secara serentak oleh panitia nasional. 

 

Related Post