IAIN Kendari Gelar Program Afirmasi untuk Calon Guru Besar dan Lektor Kepala 

Novi Rahmilia 08-06-2024 (11:16:35) Berita 488 times

Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mendorong percepatan kenaikan jenjang karir dosen melalui program afirmasi jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala, di Aula Perpustakaan selama dua hari 8 – 9 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh para wakil rektor, dekan fakultas, ketua lembaga, dan dosen lingkup IAIN Kendari.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Jumarddin La Fua, M.Si, menyampaikan kenaikan jenjang karir dosen sangat ditentukan oleh produktifitas dosen dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang terpublikasi pada jurnal nasional dan internasional bereputasi. Oleh karena itu IAIN Kendari memberikan afirmasi dengan pendampingan dan menyediakan anggaran bantuan publikasi bagi dosen. 

“IAIN Kendari berkomitmen untuk terus mendorong dan memfasilitasi para dosen dalam mencapai puncak karir akademiknya, salah satunya melalui kegiatan afirmasi ini," ucapnya.

Dr. Jumarddin menekankan bahwa pencapaian jabatan guru besar dan lektor kepala bukan hanya sebuah prestasi individu, tetapi juga berkontribusi meningkatkan reputasi institusi. Capaian gelar guru besar dapat memperkuat kapasitas akademik dan profesionalitas para dosen yang berpengaruh signifikan terhadap predikat akreditasi institut.

Dia berharap kegiatan ini dapat memotivasi dosen untuk terus berprestasi dan berinovasi dalam  bidang akademik serta mengembangkan kompetensi diri untuk menghasilkan karya monumental

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Mursyid Djawas, M.HI yang merupakan Editor in Chief Jurnal Samarah dari UIN Ar Raniry Banda Aceh dan Dr. Muhammad Anas Ma’arif Ketua Perkumpulan Dewan Tarbiyah Islam Indonesia, M.Pd dari Universitas K.H. Abdul Chalim Mojokerto. 

Prof. Mursyid memaparkan materi tentang Karakteristik dan Struktur Naskah Publikasi di Jurnal Bereputasi. Sementara itu, Dr. Anas dijadwalkan akan hadir pada hari Minggu, 9 Juni 2024 dengan materi Kiat Menggapai Standar Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi.

Kedua pemateri ini diharapkan dapat memberikan solusi dan kiat-kiat untuk pemenuhan syarat guru besar dan lektor kepala. Saat ini IAIN Kendari telah memiliki sembilan orang guru besar antara lain pada bidang ilmu Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, Bimbingan Konseling, Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, dan Komunikasi Islam.


Penulis: Novi Rahmilia
Editor: Lily Ulfia


 

Foto Publikasi

  • Novi Rahmilia 08-06-2024 (08:00:28)
  • Novi Rahmilia 08-06-2024 (08:03:28)
  • Novi Rahmilia 08-06-2024 (08:03:51)
  • Novi Rahmilia 08-06-2024 (08:04:22)
  • Novi Rahmilia 08-06-2024 (08:04:42)