IAIN Kendari Dapat Hibah Bank Mini dari BRI Syariah

Sakri, S.Si 20-01-2016 (07:51:22) Berita 729 times

Pimpinan BRI dan RektorKendari (Humas) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memperoleh hibah Bank Mini dari Bank BRI Syariah KC Kendari. Pemberian hibah tersebut disampaikan oleh Pimpinan Bank BRI Syariah Kendari Rono Satriyo Kepada Rektor IAIN Kendari Dr. H. Nur Alim, M.Pd di ruang kerja Rektor, Rabu  (20/01/16). Menurut Rono, program ini merupakan kontribusi BRI Syariah dalam pengembangan mutu perguruan tinggi Islam di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara. Pihaknya akan menyediakan software serta program training kepada staff IAIN Kendari yang ditunjuk mengelola bank mini tersebut. “Dengan program ini, mahasiswa khususnya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dapat menguasai praktik operasional perbankan syariah sehari-hari sehingga mereka dapat menguasai proses tersebut dan siap bekerja di industri perbankan setelah lulus nanti” jelas Rono.

Sementara itu, Rektor yang didampingi Dekan dan Wakil Dekan FEBI menyambut baik program hibah tersebut. “Bank Mini merupakan salah satu program kami dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dan menyiapkan tenaga profesional di bidang perbankan untuk itu kami berterima kasih BRI Syariah memberikan hibah di saat yang tepat” kata Rektor.

Pihak IAIN akan mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk pembukaan bank mini antara lain gedung, Hardware dan kebutuhan fisik lainnya. Bank Mini lanjut rektor akan menjadi laboratorium perbankan dibawah kendali FEBI selaku pelaksana dan sekaligus akan dimanfaatkan oleh civitas akademika IAIN Kendari serta masyarakat sekitar kampus untuk melakukan transaksi keuangan. “Dengan begitu manfaat yang bisa diambil bisa lebih luas tidak sekedar tempat praktik bagi mahasiswa” tambahnya.

Ia menambahkan, dengan adanya Bank Mini, alumni FEBI akan memperoleh keterangan pendamping ijazah berupa sertifikat kompetensi untuk memperkuat posisi tawar mereka ketika memasuki dunia kerja. Hal senada diungkapkan Dekan FEBI Dra. Beti Mulu, M.Pd. “Dengan hadirnya bank mini mahasiswa kami tidak saja menguasai teori tetapi secara praktik mereka juga profesional sehingga perusahaan jasa perbankan lebih terbuka menerima mereka” jelasnya.

Sebelumnya, pada akhir Agustus 2015 Silam, IAIN Kendari mengundang 5 perusahaan jasa perbankan baik syariah maupun konvensional untuk mempresentasikan produk jasa perbankan yang dibutuhkan IAIN Kendari termasuk dukungan pendirian Bank Mini. BRI Syariah merupakan bank yang memberikan respon tercepat terhadap rencana tersebut.

Related Post