IAIN Kendari dan IAIN Salatiga Gagas Program “Dari Kampus untuk Indonesia”

Lily Ulfia, SE 25-11-2018 (21:30:31) Berita 130 times
Kendari, Humas – IAIN Kendari dan IAIN Salatiga melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggagas Program “Dari Kampus untuk Indonesia”. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan Roadshow Community Engagement dimulai dari Kota Bau-Bau sampai Kabupaten Buton Tengah yang berlangsung selama tiga hari 22-25 November 2018. Kegiatan Roadshow turut didukung oleh BKKBN Perwakilan Sulawesi Tenggara.

Ketua LPPM IAIN Salatiga, Dr. Adang Kuswaya menjelaskan, program tersebut merupakan diseminasi hasil pengabdian masyarakat berbasis riset dari para dosen pada dua kampus PTKIN ini.

“Program ini bertujuan menguatkan sinergitas dua lembaga IAIN Kendari dan IAIN Salatiga dalam bidang pengabdian masyarakat serta menguatkan keterlibatan masyarakat secara aktif agar kebutuhan masyarakat dapat terakomodir oleh pihak kampus yang selama ini menghasilkan rekomendasi riset-riset dalam berbagai bidang,” paparnya disela kegiatan pengabdian di Bau-bau, Jum’at (23/11/18).

Sementara itu, Ketua LPPM IAIN Kendari, Dr. Muh. Alifuddin mengatakan, pada kegiatan ini LPPM menyelenggarakan pelatihan dan pemberdayaan untuk masyarakat pesisir terutama kaum perempuan dalam memanfaatkan sumber daya laut, untuk dijadikan bahan makanan alternatif seperti bakso dan nugget dari bahan baku ikan.

“Selama ini nelayan kecamatan Talaga Raya, Buton Tengah umumnya mengolah hasil tangkapan ikan dengan cara dimasak langsung atau dijemur untuk dijadikan ikan kering, sementara banyak metode pengolahan alternatif agar lebih variatif dan menambah nilai ekonomi,” ungkapnya.

Sebagai alat penunjang pengolahan makanan, LPPM IAIN Kendari menyerahkan bantuan food processor penggiling daging dan mesin seller untuk plastik pengemasan.

Selain pemberdayaan ekonomi, lanjut Alif, program ini juga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan melalui penyelenggaraan pelatihan guru pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada saat yang sama, BKKBN Perwakilan Sulawesi Tenggara juga menyerahkan bantuan alat permainan edukatif (APE) PAUD di Desa Talaga Besar. 

Ia menambahkan, program "Dari Kampus untuk Indonesia' masih akan terus berlanjut dengan penetapan Desa Talaga Raya sebagai Desa Binaan IAIN Kendari dan sebagai Kampung KB binaan BKKBN Perwakilan Sulawesi Tenggara.

“LPPM IAIN Kendari sudah melaksanakan pemetaan kebutuhan masyarakat yang perlu ditindaklanjuti pada program berikutnya,” pungkasnya. (liv)
 

Related Post