IAIN Kendari Buka Pendaftaran UM-PTKIN Tahun 2022, Begini Tata Cara Pendaftarannya

Lily Ulfia, SE 25-04-2022 (11:14:37) Berita 41 times

Institut Agama Islam Negeri Kendari membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN tahun 2022. Pendaftaran UM-PTKIN dibuka mulai tanggal 25 April sampai dengan 4 Juni 2022. Sedangkan pelaksanaan Ujian akan dimulai tanggal 14 hingga 17 Juni 2022.

Ketua Panitia Lokal UM-PTKIN IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, sebelum mengikuti ujian SSE UM-PTKIN, para peserta diwajibkan akan mengikuti simulasi ujian sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu ujian masing-masing. Simulasi dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pada saat mengikuti ujian yang berbasis elektronik tersebut.

“Kita akan menyelenggarakan ujian berbasis Sistem Seleksi Eletronik (SSE) sehingga calon mahasiswa baru dapat mengikuti ujian dari rumah, tetapi tentu saja sistem seleksi ini sudah dilengkapi dengan perangkat pengawasan digital untuk menghindari terjadinya kecurangan,” paparnya.

Penerimaan mahasiswa jalur UM-PTKIN diperuntukkan bagi lulusan MA/SMA sederajat tahun 2020, 2021 dan 2022. Kuota untuk jalur ini sebanyak 962 orang yang terdistribusi ke dalam 19 Program studi dari empat fakultas.

Setiap tahun, seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur UM-PTKIN selalu menjadi favorit bagi para calon mahasiswa baru. Jumlah pendaftar UM-PTKIN dapat memenuhi 50 persen dari keseluruhan kuota mahasiswa baru yang disiapkan.

Pada jalur seleksi nasional ini, para pendaftar dapat memilih 58 PTKIN se-Indonesia yang tersedia pada aplikasi pendaftaran UM-PTKIN. Lokasi pendaftaran dapat dipilih yang terdekat dari lokasi domisili perserta ujian.

Berikut ini tata cara atau tahapan pendaftaran mahasiswa baru jalur UM – PTKIN.

1. Buka website https://um-ptkin.ac.id
2. Klik Daftar
3. Jika sudah memiliki akun SPAN silahkan langsung login (langkah ke 6), jika belum maka daftar  dengan memilih salah satu di bawah :
- klik Daftar NISN (jika memiliki NISN) atau
- klik Daftar NISS (jika tidak memiliki NISN)
4. Lengkapi isian, untuk Email gunakan yang aktif, karena password untuk login akan dikirim ke email tersebut.
5. Buka inbox atau spam pada email terdaftar tadi, cari email info akun UMPTKIN kemudian catat password untuk login
6. Login di laman https://um-ptkin.ac.id/ klik daftar, geser ke bawah klik login atau langsung akses alamat https://um-ptkin.ac.id/login
7. Masukan NISN sebagai user dan Password anda yg diperoleh via email
8. Isi lengkap biodata
9. Pilih metode bayar (bayar via BNI atau selain BNI) dan cetak slip pembayaran, jangan lupa catat/foto/screenshoot Id Bayar/No. SIP
10. Ikuti instruksi pembayaran sesuai pilihan anda
11. Jika telah lunas maka login kembali ke website https://um-ptkin.ac.id/login
12. Lengkapi kembali data isian dan Pilih Program Studi
13. Lakukan Finalisasi
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 16-06-2022 (11:32:36)
  • Lily Ulfia, SE 16-06-2022 (11:41:31)