IAIN KENDARI BENAHI PENGELOLAAN JURNAL ILMIAH

Super User 11-12-2016 (13:39:45) Berita 769 times

Kendari (Humas) - Lembaga  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN kendari mengadakan kegiatan Lesson Learn Pengelolaan Jurnal di Lingkup IAIN Kendari. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan jurnal dan merupakan tindak lanjut dari hasil Penelitian kebijakan dan pengembangan lembaga. LP2M menghadirkan konsultan dan reviewer jurnal nasional dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Dr. Hasse J, M.A yang berbagi wawasan dan pengetahuan pada kegiatan yang digelar di gedung LP2M, Senin (11/12/16)
 
Saat ini, IAIN Kendari memiliki 8 jurnal yang dikelola fakultas dan lembaga dan unit yaitu Jurnal Al Izzah yang dikelola oleh LP2M, Jurnal Syautut Tarbiyah dikelolah oleh Institut, Jurnal Zawiyah dibawah Pascasarjana, Jurnal Langkawi dikelola oleh UPT Bahasa, Jurnal At Ta’dib dikelola Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurnal Al ‘Adl dikelola Fakutas Syari’ah, Jurnal Al Munzir dikelola Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, dan yang terbaru Jurnal Lii Falah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
 
Sebanyak 16 orang pengelola jurnal tersebut mengikuti kegiatan Lesson Learn untuk mengidentifikasi kekurangan pengelolaan jurnal, instrumen dan sejumlah pembenahan lainnya. Disamping itu, pembahas juga membantu menemukan solusi perbaikan dan peningkatan mutu pengelolaan jurnal untuk memperoleh nilai akreditasi yang memuaskan.
 
Pada bagian akhir kegiatan, para pengelola jurnal diminta untuk mengisi  form evaluasi diri sebagaimana format yang dikeluarkan oleh Perdirjen Dikti No. 1 tahun 2014 untuk mengukur pencapaian skor jurnal masing-masing. “Pengelola jurnal di IAIN Kendari memiliki semangat dan gairah yang tinggi untuk penerbitan jurnal, terbukti dari kuantitas jurnal yang mewakili masing-masing fakultas dan unit sebanyak delapan jurnal. Maka kuantitas tersebut perlu diperkuat dan didorong untuk meningkatkan kualitasnya dalam bentuk penyediaan kebijakan dan anggaran yang berpihak pada pengelolaan jurnal” kata Hasse mengingatkan.
 
Dalam waktu dekat, IAIN Kendari akan mendorong proses pengajuan akreditasi jurnal terutama beberapa jurnal yang sudah lebih dahulu mapan, progresif, dan potensial untuk diakreditasi, antara lain jurnal Al Izzah yag dikelola oleh LP2M. Jurnal Al Izzah sudah memiliki ISSN elektronik dan sudah pula terdaftar di Google Scholar. Jurnal lain yang perlu didorong adalah Jurnal Al ‘Adl, At Ta’dib, Al Munzir dan Sautut Tarbiyah. (Asliah zainal/liv)
 

Related Post