Hindari Pemotongan DIPA, IAIN Kendari Genjot Realisasi Anggaran

Lily Ulfia, SE 26-07-2022 (16:07:39) Berita 142 times
Kendari, Humas – Memasuki triwulan ketiga tahun 2022, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggenjot realisasi anggaran, menyusul kekhawatiran terhadap kebijakan pemotongan anggaran bagi satuan kerja yang capaian realisasinya masih di bawah 75 persen dari pagu yang diberikan.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd menyebutkan pencapaian realisasi saat ini mencapai 50 persen dari pagu anggaran  sebesar Rp69 miliar. Oleh karena itu, para penanggung jawab kegiatan perlu menerapkan strategi percepatan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan capaian realisasi.

“Kita sudah memasuki triwulan ketiga, akan tetapi pencapain kita masih seperdua dari pagu. Itu berarti kita perlu melakukan langkah-langkah strategis dan terukur untuk memaksimalkan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan. Kendala yang dihadapi kita perlu bahas bersam agar tidak menjadi factor penghambat pencairan,” kata Rektor

Berdasarkan data realisasi anggaran pada bagian keuangan IAIN Kendari, UPT Perpustakaan menempati posisi teratas disusul oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Data tersebut dikemukakan pada saat pelaksaaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program dan Anggaran Tahun 2022 yang digelar oleh Bagian Perencanaan dan Keuangan IAIN Kendari di Hot Azizah, 25 – 27 Juli 2022.  Rapat ini diikuti oleh seluruh pimpinan Fakultas, Lembaga, Bagian dan Unit Pelaksana Teknis yang diberikan kewenangan mengelola anggaran secara otonom.

Analis Pengelola Keuangan APBN, Hasnah S.Hi menjelaskan, secara berkala pihaknya memberikan warning dan mewajibkan para pengelola mengajukan daftar penarikan dana sebagai salah satu upaya untuk mempermudah monitoring realisasi anggaran. Pihaknya juga akan melibatkan Satuan Pengawas Internal untuk melakukan pengendalian dan pengawasan kepatuhan pelaksana kegiatan terhadap regulasi pengelolaan keuangan negara.

IAIN Kendari menargetkan, capaian realisasi pada september 2022 dapat mencapai angka 75 persen mengingat agenda pelaksanaan kegiatan dengan pagu anggaran yang cukup besar akan berlangsug pada bulan Agustus 2022. Kegiatan dimaksud antara lain Kuliah Kerja Nyata yang melibatkan 1.249 mahasiswa, Pekan Seni dan Olahraga Nasional, Penerimaan Mahasiswa Baru, Pengenalan Budaya Akademik serta pencairan anggaran beasiswa berprestasi.
 
 Penulis : Lily Ulfia
Fotografer : Novi Rahmilia