Himpun Gagasan Stakeholder, IAIN Gelar FGD

Lily Ulfia, SE 01-04-2016 (05:04:27) Berita 663 times

Ketua DPRD Sultra

Kendari (Humas)  - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar Focused Group Discussion (FGD) yang melibatkan stakeholder antara lain Ketua DPRD Sultra, kepala Kanwil  Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Pimpinan Perusahaan Media, para tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat. FGD ini membahas secara khusus mengenai strategi pengembangan IAIN Kendari menuju perguruan tinggi yang berkelas dan berdaya saing. Strategi tersebut yang terbagi dalam beberapa bidang yaitu Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Akademik, Publikasi dan Sosialisasi.

Dalam FGD yang diikuti sebanyak 40 peserta tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Shaleh mendapat kesempatan pertama untuk mengutarakan gagasan cemerlang antara lain dengan menyelenggarakan seleksi masuk perguruan tinggi yang ketat dengan tujuan input atau mahasiswa baru IAIN Kendari berkualitas dan berkelas. Selain itu sarana dan prasarana harus dilengkapi terutama yang menjadi kebutuhan vital mahasiswa yaitu perpustakaan dengan koleksi ratusan ribu buku. “Kalau kampus mau maju maka jangan kedepankan prestise dibandingkan prestasi, harus prestasi dulu yang diutamakan” ungkapnya.

Kegiatan FGD merupakan upaya IAIN Kendari menyempurnakan kebijakan dan pengambilan keputusan yang sesuai dengan kebutuhan publik. Internal IAIN Kendari mulai Rektor, Wakil Rektor dan Dekan hadir untuk menyimak gagasan dan ide-ide yang dikemukakan peserta FGD.

Foto Bersama FGD

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Moh. Ali Irfan juga angkat bicara terkait peran IAIN Kendari ditengah masyarakat terutama dalam bentuk pembinaan kepada sumber daya manusi lingkup Kementerian Agama seperti penyuluh agama, pembimbing haji dan umrah, kepala sekolah, guru dan lain-lain. “Kami ingin SDM di Kemenag Sultra ini berkualitas karena itu harapan kami IAIN Kendari dapat mengambil peran sebagai pembina dan tenaga pelatih bagi mereka” tambahnya.

Sejumlah masukan lainnya juga datang dari Bank Indonesia dan Insan Pers yang pada umumnya menilai bahwa perkembangan IAIN Kendari setahun terakhir relatif baik terutama dalam peningkatan sarana dan prasarana serta SDM.

DI akhir acara, Rektor IAIN Kendari Nur Alim memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah menyempatkan hadir dan menyatakan akan menjadikan masukan serta gagasan dan ide yang terungkap dalam forum tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pimpinan IAIN Kendari di masa yang akan datang. (lily)

Related Post