Hand Sanitizer Berbahan Baku Jeruk Etno Tolaki Curi Perhatian Pengunjung Expo Karya Inovasi PTKI se Indonesia

Lily Ulfia, SE 26-11-2021 (18:47:12) Berita 333 times
Banda Aceh, Humas – IAIN Kendari mengikuti Expo Karya Inovasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se Indonesia di UIN Ar – Raniry Banda Aceh yang digelar selama dua hari, 26-27 November 2021. Pameran tersebut merupakan rangkaian kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) I PTKI yang diikuti oleh sekitar 140 kampus di Indonesia dengan metode blended luar jaringan dan dalam jaringan.

Pada kegiatan Expo ini, kontingen IAIN Kendari memamerkan inovasi produk hand sanitizer berbahan baku jeruk etno tolaki. Buah jeruk lokal ini diolah melalui proses elektrolisis menggunakan batang karbon yang ditambahkan dengan bahan kimia TiO2. Bahan kimia ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas Hand Sanitizer dalam membasmi mikroorganisme patogen termasuk virus dan sejenisnya.

Hand Sanitizer yang dikembangkan oleh mahasiswa Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pramanda Alfandi dan Satriadi Bilyan Sanggala ini diharapkan dapat menjadi hand sanitizer alternative yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Jeruk etno tolaki merupakan tanaman lokal yang dibudidayakan secara tradisional oleh masyarakat setempat. Potensi jeruk ini cukup besar karena mudah tumbuh di daratan daratan Sulawesi Tenggara yang luasnya mencapai 38 ribu km2 .

Wakil Rektor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir menyampaikan apresiasi atas inovasi ini karena dapat menjadi solusi bagi masyarakat di tengah meningkatnya kebutuhan terhadap hand sanitizer selama masa pandemi.

Sejumlah mahasiswa dari PTKIN takjub dengan inovasi mahasiswa IAIN Kendari karena memanfaatkan potensi lokal untuk mengurangi penularan Covid-19. Mereka yang berkunjung dan mengapresiasi produk tersebut antara lain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Kudus, UIN Jambi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IAIN Langsa dan tim dari Direktorat Pendiidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI.

Panitia menetapkan kategori stand terbaik dengan beberapa kriteria penilaian karya inovasi antara lain kemanfaatan produk dan kreatifitas stand.

Kontingen IAIN Kendari yang terlibat dalam Expo Karya Inovasi antara lain Wakil Rektor IIl Dr. H. Herman, M.Pd dosen Ketua Prodi Tadris IPA , Hasrin Lamote, M.Si, Dosen Pembimbing Zul Arham, M.Si dan Ismaun, M.Si, serta perwakilan panitia OASE Rahma Noor dan Lily Ulfia.  

Penulis Lily Ulfia
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 26-11-2021 (18:56:53)
  • Lily Ulfia, SE 26-11-2021 (19:03:08)
  • Lily Ulfia, SE 26-11-2021 (19:03:32)
  • Lily Ulfia, SE 26-11-2021 (19:05:36)