Halal Center IAIN Kendari Undang UMKM Bahas Urgensi Sertifikasi Halal

Novi Rahmilia 27-06-2024 (12:35:44) Berita 107 times
Kendari, Humas - Halal Center IAIN Kendari melaksanakan kuliah umum dengan tema Urgensi Sertifikasi Halal dalam Menyongsong Wajib Halal Tahun 2026, di Aula perpustakaan, Kamis (27/6/24).

Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Kota Kendari. Selain itu, hadir pula para pendamping proses produk Halal (P3H), dosen, dan mahasiswa. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sertifikasi halal adalah langkah strategis dalam menghadapi penerapan wajib halal.

"Sertifikasi halal bukan hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga tanggung jawab kita sebagai masyarakat muslim untuk memastikan produk yang kita konsumsi dan gunakan sesuai dengan syariat Islam," ucapnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dewan Pembina Halal Center Insahul Kamil Makassar Muh. Irwan T., S.Ag., M.A., C.QM., CPS yang menyampaikan materi tentang urgensi sertifikasi halal dalam menyongsong wajib halal tahun 2026. 

Muh. Irwan T. menjelaskan berbagai aspek penting mengenai sertifikasi halal, mulai dari latar belakang hingga implementasinya di lapangan. 

"Sertifikasi halal adalah langkah konkret untuk memberikan kepastian kepada konsumen Muslim bahwa produk yang mereka gunakan benar-benar halal dan thoyyib," jelasnya.

Selain itu, Direktur Halal Center IAIN Kendari, Hilda Ayu Melvi, M.Sc, turut memberikan materi tentang tata cara verifikasi dan validasi pendamping proses produk halal serta manual Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH).

Dia menjelaskan bahwa proses verifikasi dan validasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap tahapan dalam produksi telah memenuhi standar halal yang ditetapkan. 

"Manual SJPH adalah panduan bagi perusahaan dalam menerapkan sistem jaminan halal pada setiap lini produksi mereka," tambahnya.


Penulis: Novi Rahmilia
Editor: Lily Ulfia