Gubernur : Transit Tak Perlu Lama, IAIN Kendari Harus Segera jadi UIN

Lily Ulfia, SE 29-04-2017 (14:14:22) Berita 876 times
Kendari, Humas - Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam mendorong pimpinan dan sivitas akademika IAIN Kendari untuk segera menyusun langkah peralihan status menjadi Universitas Islam Negeri.  Hal itu diungkapkan saat membawakan sambutan  pada acara malam inagurasi dan penganugerahan IAIN Award, Jum’at Malam (28/4/2017) di auditorium IAIN Kendari.
 
Gubernur menyebut IAIN Kendari hanya merupakan tempat transit dari STAIN menuju UIN. Untuk itu, masa transit tak perlu lama. “Saya tidak lama lagi akan pensiun sebagai Gubernur, tetapi sekali lagi saya stressing apapun kapasitas saya, saya bersedia membantu peralihan status ini sesuai kewenangan yang saya miliki” tegasnya. Menurutnya, alih status menjadi UIN bukanlah hal yang sulit bagi IAIN sebab dari aspek sarana dan prasarana serta tenaga pendidik dan kependidikan sudah memadai. Gubernur bahkan menyebut ada beberapa Universitas swasta yang mampu beralih status menjadi negeri padahal dari sisi sarana dan prasarana dinilai belum siap.
Kehadiran Gubernur di IAIN Kendari sekaligus menegaskan keberpihakannya terhadap pengembangan lembaga pendidikan yang merupakan aspek penting dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia di daerah yang dipimpinnya selama hampir 10 tahun ini.
Di akhir sambutannya, Nur Alam juga berjanji akan segera menuntaskan proses hibah lahan untuk kampus III IAIN Kendari seluas 20 Hektar di nanga-nanga kota Kendari. Pernyataan tersebut langsung disambut dengan tepuk tangan dari Sivitas akademika yang memadati ruangan auditorium.
Rektor IAIN Kendari, Nur Alim mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan Gubernur termasuk dalam mendorong alih status dari STAIN menjadi IAIN seperti saat ini. “Saya masih ingat tanggal 22 Mei 2010, Gubernur bersama kami untuk menghadap Menteri Agama kala itu dalam rangka mendorong proses alih status IAIN Kendari, sekali lagi terima kasih atas dukungan yang telah bapak berikan selama ini” ungkap Nur Alim.
Usai membawakan sambutan, Nur Alim menyerahkan piagam penghargaan IAIN Award kepada Gubernur sebagai tokoh pemerintahan yang paling berjasa dalam pengembangan IAIN Kendari. Penganugerahan IAIN Award merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari sivitas akademika kepada tokoh yang telah mendukung akselerasi pengembangan IAIN Kendari sebagai kampus terdepan di Sultra.  
Selain Gubernur, IAIN Kendari juga menganugerahkan IAIN Award kepada para tokoh inisiator pendirian IAIN Kendari yaitu KH. Baedhowi dan Abdul Karim Aburaera. Sedangkan untuk kategori Tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan diberikan kepada Tommy Irawan Patra sebagai tokoh inovatif yang telah mengembangkan system informasi berbasis website di IAIN Kendari. (liv)

Related Post