GenBI IAIN Kendari Berikan Pembinaan Keagamaan kepada Napi

Lily Ulfia, SE 26-10-2017 (19:42:41) Berita 290 times
Kendari, Humas – Generasi Baru Indonesia (GenBI) komisariat IAIN Kendari melaksanakan kegiatan sosial dengan menggelar pembinaan keagamaan kepada para narapidana khusus anak di Lapas kelas IIa Kendari. Kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran para narapidana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan memperbaiki akhlak mereka.

Ketua GenBI Komisariat IAIN Kendari, Irwan Saputra menjelaskan, kegiatan pembinaan keagamaan ini merupakan kerjasama GenBI dan Lapas Kelas IIa Kendari. Pembinaan tersebut dilaksanakan dua kali dalam seminggu diisi dengan aktifitas belajar membaca dan menulis huruf Hijaiyyah, hafalan Alqur’an, ceramah serta diskusi wawasan keagamaan.

“Kegiatan pembinaan keagamaan kepada napi adalah bentuk kepedulian kami terhadap narapidana, mereka perlu mendapat pencerahan agar kelak setelah selesai menjalani hukuman mampu menjalani hidup yang lebih baik dan diterima oleh masyarakat di lingkungannya”, kata Irwan.
Menurut Irwan, narapidana merespon baik kegiatan tersebut. Mereka antusias hadir dalam pertemuan yang dilaksanakan terutama pada sesi belajar baca tulis Alqur’an.

“Sebagian besar narapidana yang mengikuti kegiatan ini mengaku belum pernah belajar BTQ, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi mereka terutama sebagai sarana untuk memperbaiki diri”, jelasnya.

Genbi merupakan organisasi para penerima beasiswa Generasi Baru dari Bank Indonesia. Tahun ini, BI memberikan beasiswa kepada 40 mahasiswa dari fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syari’ah. Sejak terbentuk, GenBI komisariat IAIN Kendari aktif dalam berbagai kegiatan akademik dan sosial dalam rangka membangun kualitas dan kompetensi para anggotanya. (liv)
 

Related Post