Gelar Raker di Malang, IAIN Kendari Teken MoU dengan Universitas Brawijaya dan UIN Maliki

Lily Ulfia, SE 08-03-2019 (19:24:33) Berita 239 times
Malang, Humas – Institut Agama Islam Negeri Kendari menggelar rapat kerja tahun 2019 di kota Malang, Jawa Timur mulai 7-10 Maret 2019. Selain membahas program dan kebijakan tahun 2020, raker kali ini juga dimanfaatkan untuk memperluas jejaring dengan Perguruan Tinggi Bonafit melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Maulana Malik Ibrahim.

Plt. Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur ALim, M.Pd mengatakan, perluasan kerjasama ini dalam rangka membangun kolaborasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi untuk mencapai tujuan peningkatan mutu IAIN Kendari di masa yang akan dating.

“Pengalaman UB dan UIN Maliki dalam pengelolaan perguruan tinggi yang memenuhi standar mutu sangat penting bagi IAIN Kendari agar dapat menjadi acuan dalam upaya peningkatan mutu lembaga. Best Practice dari perguruan tinggi besar ini akan menjadi inspirasi bagi pimpinan maupun pengelola teknis”, jelasnya kepada Humas.

Penandatanganan Mou dilaksanakan Jum’at (8/3/19) diawali di Universitas Brawijaya. Plt Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd meneken MoU dengan Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, M.S. di Ruang Rapat Rektor yang dihadiri oleh sejumlah pejabat lingkup IAIN Kendari dan Wakil Rektor IV Universitas Brawijaya.

Rektor Universitas Brawijaya menyambut baik kerjasama tersebut dan meminta agar dapat ditindaklanjuti dengan program yang lebih konkrit.

“Kolaborasi di era revolusi industry 4.0 adalah kunci keberhasilan, tanpa kolaborasi kita sulit untuk maju dan berkembang. Kita tidak perlu bersaing dengan sesama perguruan tinggi dalam negeri, kolaborasi akan membuat kita saling membantu mencapai standar mutu pendidikan tinggi. Mudah-mudahan MoU ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan kolaboratif’, ungkap Rektor UB.

Usai penanandatanganan MoU di Universitas Brawijaya, Rektor IAIN Kendari juga melanjutkan penandatanganan MoU di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menyambut baik kerjasama  ini dan berharap kerjasama tersebut dapat berlanjut. Pada kesempatan itu, Ia juga menjelaskan konsep keilmuan yang dikembangkan yaitu konsep integrasi antara ilmu agama dengan sains.

Konsep yang dikembangkan UIN Malang juga dapat menjadi bahan pembanding bagi IAIN Kendari yang mengusung visi trandsipliner kajian keilmuan.
Selain diisi dengan penandatanganan MoU, Raker IAIN Kendari tahun 2019 juga menghadirkan sejumlah pemateri yang berkompeten terkait tata kelola dan peningkatan kualitas perguruan tinggi antara lain Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof. Dr. Arskal Salim, M.Ag dan Staff Ahli Rektor Universitas Brawijaya Ratno AGus Edy Wibowo, Ph.D. (liv)
 
 
 

Related Post