Gandeng KUI IAIN Kendari, EducationUSA Gelar Sosialisasi Beasiswa dan Fellowship ke Amerika Serikat untuk Dosen dan Mahasiswa

Lily Ulfia, SE 09-06-2022 (17:35:04) Berita 266 times
Kendari, Humas - EducationUSA Makassar bekerjasama dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) IAIN Kendari menggelar sosialisasi beasiswa dan fellowship ke Amerika Serikat untuk dosen dan mahasiswa, Kamis (09/06/22). EducationUSA Makassar merupakan salah satu lembaga di bawah naungan Department Pendidikan Amerika Serikat.
 
EducationUSA Adviser Chendani Budhi mengatakan, sosialisasi beasiswa dan fellowship merupakan kegiatan perdana EducationUSA di wilayah Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini bertujuan menyebarluaskan informasi kepada mahasiswa dan dosen terkait program-program kerjasama dalam bidang pendidikan berupa beasiswa atau program kunjungan ke Amerika Serikat.
 
“Kami berharap mahasiswa dan dosen yang mengikuti kegiatan ini tertarik mengikuti lokakarya dan konsultasi untuk beberapa program beasiswa dan fellowship ke Amerika Serikat,” tambahnya.

Wakil Rektor 1 IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag, yang turut hadir dan membuka kegiatan tersebut menjelaskan, sosialisasi beasiswa dan fellowship ini dapat menumbuhkan motivasi bukan hanya mahasiswa tetapi juga dosen IAIN Kendari untuk dapat melanjutkan studinya ke Amerika Serikat.

“Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari negara besar seperti Amerika Serikat. Dengan visi institusi kita untuk menjadi pusat studi transdisipliner, diharapkan ada dosen atau mahasiswa di IAIN Kendari yang dapat melanjutkan studi ke Amerika Serikat” tambah Wakil Rektor IAIN Kendari.

Direktur KUI IAIN Kendari, Abdul Halim, M.TESOL mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal yang dapat membuka peluang kerjasama lainnya dengan EducationUSA Makassar di masa yang akan datang.

“KUI IAIN Kendari akan terus berusaha untuk membuka kesempatan kepada dosen dan mahasiswa di IAIN Kendari untuk mendapatkan informasi dan pelatihan agar semakin banyak mahasiswa dan dosen yang dapat mengenyam pendidikan dan pengalaman di luar negeri” jelasnya.

Salah satu program kerja KUI IAIN Kendari adalah membuka peluang dan mendorong mahasiswa untuk berkompetisi pada program internasional. Berkat program tersebut, dua mahsiswa IAIN Kendari belum lama ini berhasil terpilih dalam kegiatan seleksi tingkat nasional dan internasional Program Pertukaran Pemuda Antar Negara dan Antar Provinsi.

Penulis : Wawan Kurniawan
Editor : Lily Ulfia