Galeri Investasi Syariah di FEBI IAIN Kendari Resmi Beroperasi

Lily Ulfia, SE 11-10-2017 (16:06:06) Berita 301 times

Kendari, Humas – Galeri Investasi Syariah (GIS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari resmi beroperasi mulai Rabu (11/10/17). Galeri  Investasi Syariah yang ke 68 di Indonesia ini, diresmikan oleh Vice President Regional Development Bursa Efek Indonesia, Harry Prasetyo dan Head of bussiness Development Phintraco Sekuritas Andre Mahardika dan Rektor IAIN Kendari, Nur Alim.

Dalam sambutannya, Nur Alim merespon positif keberadaan GIS di IAIN Kendari terutama karena sarana ini dapat diptomalkan untuk aktifitas produktif yaitu investasi saham baik bagi dosen maupun mahasiswa.

“Mahasiswa kami sebagian besar berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah, untuk itu kami berkomitmen mendidik dan mebina mereka menjadi SDM yang unggul, profesional, kompeten, produktif, sekaligus mampu memanfaatkan peluang memperoleh penghasilan termasuk melalui investasi saham ini”, katanya.

Rektor berharap, peluang ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memperbaiki taraf hidup agar lebih sejahtera. Hal ini sejalan dengan motto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu menciptakan kelas menengah baru.

Sementara itu, Vice President Regional Development Bursa Efek Indonesia, Harry Prasetyo mengatakan, hadirnya GIS di IAIN Kendari membuka peluang bagi sivitas akademika IAIN Kendari dan masyarakat di sekitar kampus untuk mengenal lebih jauh manfaat dan potensi keuntungan investasi pasar modal sekaligus melakukan praktik transaksi saham.

Ruangan galeri dilengkapi fasilitas komputer yang terkoneksi dengan data pasar saham sehingga pengunjung dapat memantau pergerakan perdagangan saham secara langsung. Selain itu, di ruangan GIS tersedia pula informasi dan data yang diperlukan terkait instrumen pasar modal, serta panduan tentang dasar hukum pasar modal baik dalam bentuk Undang-undang maupun peraturan yang dikeluarkan oleh BEI.

Dekan FEBI, Beti Mulu mengaku akan memaksimalkan pemanfaatan GIS sebagai sarana peningkatakan mutu dan kompetensi mahasiswa dalam bidang pasar modal syariah.

“GIS menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengenalkan strategi dan pengelolaan resiko investasi saham sehingga mereka siap menjadi tenaga profesional bahkan dapat menjadi investor muda yang bisa memiliki penghasilan meskipun masih berstatus mahasiswa” paparnya.

Peresmian GIS FEBI IAIN Kendari diawali dengan penandatanganan MoU antara BEI, PT Phintraco Securities dan IAIN Kendari tentang pendirian Galeri Investasi dimaksud. Pada kesempatan yang sama Rektor IAIN Kendari juga melantik secara resmi Pengurus Galeri Investasi Syariah BEI IAIN Kendari dan Kelompok Studi Pasar Modal IAIN Kendari.

Usai pelantikan, kegiatan ini dilanjutkan dengan pelaksanaan Seminar Pasar Modal Syariah Pasar Modal yang diadakan di Auditorium IAIN kendari dan dihadiri sekitar 800 peserta. Pemateri dari seminar tersebut antara lain Vice President Regional Development  Bursa Efek Indonesia  Harry Prasetyo, Head of bussiness Development Phintraco Sekuritas Andre Mahardika serta  Dewan Syariah Nasional MUI Ust. Muhammad Bagus Teguh, Lc, MA.  (rn/liv)

Related Post