FUAD IAIN Kendari Tingkatkan Kompetensi Digital Calon Penyuluh Agama Islam

Novi Rahmilia 29-05-2022 (10:42:49) Berita 227 times
Kendari, Humas – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) meningkatkan kompetensi mahasiswa program studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) melalui pelatihan digital Calon Penyuluh Agama Islam yang digelar di Auditorium IAIN Kendari selama dua hari, 28-29 Mei 2022.

Dekan FUAD, Dr. Nurdin Karim, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi digital Calon Penyuluh Agama Islam merupakan kegiatan yang strategis di tengah dinamika sosial keagamaan yang bergerak cepat.  Mahasiswa sebagai generasi milenial harus mampu menghadapi tantangan zaman dengan terus berlatih dan mengembangkan kompetensi di bidang teknologi informasi agar produktif, inovatif dan kompetitif dalam mendakwahkan Islam di era digital.

“Terdapat empat kapasitas yang perlu dipenuhi oleh seorang Penyuluh Agama Islam yaitu kompetensi pedagogik, metodologi, personal dan sosial. Target kita pada pelatihan ini adalah kompetensi metodologi dimana para penyuluh harus cakap dan pandai mengenali karakteristik sasaran dakwah yang saat ini lebih banyak menggunakan media digital sebagai sumber informasi utama,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dr. Ni’matuz Zuhrah, Lc., M.Th.I  yang juga merupakan Ketua Program Studi BPI mengatakan bahwa kegiatan yang mengusung tema “Transformasi Kompetensi Penyuluh Agama Islam Berbasis Digital” ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mahasiswa terkait tata cara mendesain dan mengelola konten dakwah agar menarik serta mudah diakses oleh masyarakat.

“Mahasiswa FUAD khususnya bagi mereka yang akan terjun menjadi seorang penyuluh agama harus mampu menguasai ruang publik dan berbagai platform media digital untuk mendiseminasikan nilai-nilai agama yang rahmatan lil ‘alamiin kepada masyarakat,” ucapnya.

Peserta pada pelatihan ini dibekali dengan materi tentang cara membuat desain  media penyuluhan menggunakan aplikasi canva dan notepad++ oleh tenaga ahli IT pada beberapa  media digital di Sultra Muh. Zulkifly Said, S.Si., M.Eng yang juga merupakan dosen pada  STMIK Catur Sakti Kendari. Narasumber lainnya merupakan dosen ilmu komunikasi UVRI Makassar Andi Asy'hary J. Arsyad, S.I.Kom, M.I.Kom yang membahas tentang cara mengedit video konten penyuluhan dengan aplikasi Wondershare, VN dan Capcut.

Selain mahasiswa, panitia juga menghadirkan sepuluh perwakilan Penyuluh Agama Islam dari beberapa Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Kendari. Seluruh peserta antusias mengikuti pelatihan dengan memberi pertanyaan terkait materi yang diberikan. Hingga kegiatan berakhir peserta sudah mampu membuat desain dan mengelola konten digital secara mandiri.

Penulis : Novi Rahmilia
Editor : Lily Ulvia
 

 

Foto Publikasi

  • Novi Rahmilia 29-05-2022 (17:51:50)
  • Novi Rahmilia 29-05-2022 (17:54:09)