Forum Bindamping Deklarasi Pengusulan Saka Amal Bhakti

Lily Ulfia, SE 08-05-2018 (08:37:43) Berita 59 times

Forum Pembina Pendamping (Bindamping) Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan (PTKIN) mendeklarasikan pengusulan pembentukan Satuan Karya atau Saka Amal Bhakti di lingkungan Kementerian Agama pada Sabtu, 5 Mei 2018. Deklarasi dibacakan oleh Aminuddin, Pembina Pendamping Pramuka IAIN Kendari.

Pembacaan deklarasi dilaksanakan usai kegiatan Gelang Ajar yang merupakan bagian dari kegiatan Perkemahan Wirakarya PTK XIV se Indonesia yang digelar di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Koordinator Waslitev Afif Anshori saat ditemui, Senin (7/5/18) menjelaskan, deklarasi yang diikuti oleh 114 pembina pendamping dari 57 PTKIN se Indonesia itu menghasilkan usulan kepada Direktur Jenderal Kemenag untuk membentuk tim ahli pengusulan saka Amal Bhakti. Pengusulan tersebut akan disampaikan ke kwartir nasional sebagai organisasi yang mewadahi Satuan Karya.

“Kita sudah menyepakati untuk mengusulkan pembentukan tim ahli yang terdiri dari unsur Direktorat pendidikan Tinggi islam, Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat PondokPesantren dan Kwartir nasional. Tim ahli ini akan merumuskan pembentukan saka Amal Bhakti”, jelasnya.

Tak hanya PTKIN, saka Amal Bhakti juga akan menaungi pramuka seluruh perguruan tinggi non Islam, Siswa Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren.
Afif mengatakan pengusulan Saka Amal Bhakti dilatarbelakangi keinginan untuk memberikan wadah bagi generasi muda dalam mengembangkan wawasan kehidupan beragama dan bermasyarakat di tengah keberagaman.

“Gerakan Pramuka itu kan tujuan utamanya adalah menyelenggarakan kegiatan kepramukaan bagi kaum muda dalam rangka menumbuhkan kedisiplinan, rasa tanggung jawab, mengakomodir kepentingan bangsa  serta membangun dunia yang lebih baik, sejalan dengan itu kami merasa perlu membekali peserta pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keagamaan yang menjadi bagian integral dari pembangunan nasional”, paparnya.

Oleh karena itu, menurut Afif, untuk mewadahi giat keagamaan tersebut perlu dibentuk Saka Amal Bhakti disertai harapan agar peserta pramuka mampu menerapkan nilai-nilai keagamaan.

Selain mengusulkan, forum bindamping juga sudah menyepakati konsep krida yang akan diterapkan pada Saka Amal Bhakti antara lain sebagai berikut:
  1. Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama
  2. Penghayatan dan Pengamalan Agama
  3. Pembangunan karakter dan Moral Keagamaan
  4. Pembangunan Ketahaan Keluarga
  5. Kepedulian dan Cinta Kasih
Sebelumnnya, Kepala Kantor kementerian Agama kabupaten Lampung Timur, Karwito telah menginisiasi pembentukan kwartir cabang dan kwartir ranting di bawah naungan kankemenag setempat.

Karwito didaulat menjadi narasumber pada kegiatan Gelang Ajar kegiatan Bindamping di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau, Jumat (4/5/18). Kegiatan Gelang ajar adalah bagian dari kegiatan Perkemahan Wirakarya PTK se Indonesia yang dikhususkan bagi Bindamping. Pada kesempatan itu, Karwito  berbagi informasi mengenai panduan pengusulan pembentukan SAKA untuk menjadi acuan dalam proses pengusulan tersebut.
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 08-05-2018 (08:49:32)
  • Lily Ulfia, SE 08-05-2018 (08:56:28)

Related Post